Kenali 4 Fungsi Pasar Uang Ini!
Siker.id | 16 Aug 2022 13:10


Bagikan ke
Fungsi pasar uang (siker)

siker.id – Sobat siker, pernahkah kalian bertransaksi atau melihat seseorang menggunakan uang valuta asing dalam berbisnis? Nah, valuta asing ini merupakan contoh transaksi yang terjadi pada pasar uang. Apa itu pasar uang?

Dilansir dari situs resmi Bank Indonesia, pasar uang merupakan bagian dari sistem keuangan yang berhubungan dengan kegiatan perdagangan, pinjam-meminjam, atau pendanaan berjangka pendek sampai dengan satu tahun dalam mata uang rupiah dan valuta asing, yang berperan dalam transmisi kebijakan moneter, pencapaian stabilitas sistem keuangan, dan kelancaran sistem pembayaran.

Intinya, pasar uang ialah tempat instrumen pendanaan jangka pendek diperdagangkan oleh pemilik modal kepada peminjam modal. Pasar uang ini juga disebut sebagai pasar kredit jangka pendek karena instrumen yang diperdagangkan memiliki periode waktu singkat, yakni hingga satu tahun.

Nah, kira-kira apa saja fungsi dari pasar uang ini? Yuk, simak di bawah ini, ya!

Baca Juga: Jenis-jenis Segmentasi Pasar yang Harus Kamu Tahu!

Investasi dengan Risiko Rendah

Salah satu fungsi pasar uang ini ialah menyediakan pilihan investasi low risk, khususnya untuk para investor yang risk averse. Transaksi yang terjadi pada sarana investasi ini memberikan kepastian mengenai laba dan lebih stabil, karena sistem investasinya setara dengan hutang piutang. Namun, menggunakan perjanjian tambahan imbalan sampai masa redemption-nya tiba.

Mudah dalam Mendapatkan Bantuan Dana Jangka Pendek

Dengan adanya pasar uang, pihak emiten tidak harus kebingungan saat mencari suntikan modal atau investor. Pasalnya, sarana investasi yang satu ini membantu mempertemukan perusahaan dengan pemilik modal yang mempunyai dana berlebih.

Baca Juga: 4 Tujuan Segmentasi Pasar bagi Bisnismu!

Menjaga Stabilitas Perekonomian

Fungsi selanjutnya dalah menjaga stabilitas perekonomian. Salah satu tujuan utama pencari modal dalam jangka pendek adalah memenuhi kebutuhan mendesak akan pembiayaan. Hal ini bisa berlaku bagi perusahaan maupun perorangan. Apabila kebutuhan itu tidak terpenuhi, pendapatan sebuah perusahaan bisa saja terganggu bahkan mengalami pailit. Angka pengangguran pun tak dapat dihindarkan dan berimbas pada defisit pertumbuhan ekonomi.

Menjadi Fasilitator dan Mediator

Maksud dari fungsi ini yakni, pasar uang mempertemukan antara pihak yang memiliki kelebihan dana (investor atau pemilik modal) dengan pihak yang membutuhkan dana (peminjam atau pencari modal). Dengan ini pasar uang menjalankan fungsi sebagai fasilitator yang menjembatani penyaluran dana dari pemilik modal kepada peminjam modal.

Nah, itu tadi 4 Fungsi Pasar Uang yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Jenis Pasar Modal di Indonesia!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian