5 Skill yang Dibutuhkan dalam People Management
Siker.id | 15 Aug 2022 16:28


Bagikan ke
Skill yang dibutuhkan dalam people management (siker)

siker.id – Pernahkah kalian mendengar istilah people management dalam sebuah perusahaan? Apa itu people management? Menurut Indeed, people management atau manajemen sumber daya manusia ialah sebuah kemampuan untuk memotivasi, mengatur, dan mengarahkan karyawan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan mendorong pertumbuhan secara profesional.

Kamu perlu memiliki kemampuan ini agar ketika menjadi leader atau manajer, kamu mampu mengarahkan dan memotivasi para stafmu demi mencapai tujuan yang dibutuhkan perusahaan.

Untuk memiliki kemampuan tersebut, dibutuhkan keterampilan yang dapat mendukung kemampuan people management ini. Kira-kira apa saja? Yuk, simak di bawah ini, ya sobat siker!

Baca Juga: 5 Skill Para Akuntan yang Wajib Kamu Kuasai!

Manajemen Konflik

Dalam setiap tim pasti terdapat konflik yang akan terjadi, entah itu perbedaan pendapat atau masalah lainnya. Dalam hal ini, ketika kamu menjadi manajer harus menjadi penengah jika sewaktu-waktu terjadi konflik. Pasalnya, apabila tidak diselesaikan dengan cepat, ini akan berdampak buruk terhadap kinerja tim ke depannya.

Kolaborasi

Dalam tim, kemampuan kolaborasi adalah hal yang harus dimaksimalkan dengan baik, begitu juga saat kamu menjadi pemimpin. Selain kolaborasi dengan manajer lainnya, kamu juga dituntut untuk berkolaborasi dengan karyawanmu.

Baca Juga: 3 Cara Tingkatkan Skill Voice Over

Komunikasi & Open Minded

Skill selanjutnya yang perlu kamu miliki adalah kemampuan untuk berkomunikasi dan open minded. Sebagai manajer, tentu kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada seluruh karyawan yang kamu bawahi. Untuk itu, kamu harus mampu berkomunikasi dan memiliki pola pikir yang open-minded. Mengapa? Dengan hal tersebut tentu kamu dapat mengomunikasikan maksudmu dan terbuka dalam menerima masukan atau feedback dari orang lain.

Delegasi

Maksud dari keterampilan ini adalah suatu kemampuan seorang pemimpin dalam menunjuk dan memberikan tanggung jawab kepada pegawai. Dalam proses delegasi ini, kamu harus mengetahui mana pegawai yang tepat untuk menerima tanggung jawab dan tugas. Pemimpin harus menentukan tanggung jawab pekerjaan sesuai dengan kemampuan pegawai.

Pendengar yang Baik & Berempati

Skill terakhir yang perlu kamu kuasai dalam people management ialah mampu menjadi pendengar yang baik dan memiliki empati. Ada kalanya karyawan juga membutuhkan bantuanmu dalam menyelesaikan pekerjaannya atau hanya sekedar berkeluh kesah tentang kehidupannya, dan sebagainya.

Nah, itu tadi 5 Skill yang Dibutuhkan dalam People Management yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Tips Mengasah Keterampilan Intrapersonal Skill


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar