icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa itu Bank Perkreditan Rakyat?
Siker.id | 15 Aug 2022 15:45


Bagikan ke
Bank Perkreditan Rakyat (siker)

siker.id – Perbankan di Indonesia sudah sangat berkembang pesat termasuk perkembangan bank umum dan bank perkreditan rakyat (BPR). Berbicara mengenai BPR, bank yang satu ini merupakan bank yang juga banyak diminati oleh masyarakat.

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sendiri adalah lembaga keuangan bank yang menerima simpanan hanya dalam bentuk deposito berjangka, tabungan, dan/atau bentuk lainnya yang dipersamakan dan menyalurkan dana sebagai usaha BPR.

Pada pelaksanaan kegiatan usahanya, BPR tidak diperkenankan untuk menerima simpanan berupa giro, melakukan kegiatan usaha valuta asing, melakukan penyertaan modal dengan prinsip prudent banking, serta melakukan usaha perasuransian. Jadi, usaha yang dilakukan BPR itu adalah menghimpun dana dan menyalurkannya dengan tujuan memperoleh keuntungan melalui spread effect dan pendapatan bunga.

Baca Juga: Ketahui 4 Perbedaan Ini Antara Bank Syariah & Konvensional

Jenis-jenis BPR

Berdasarkan kepemilikannya, maka BPR terbagi menjadi dua yakni, BPR yang dimiliki oleh pemerintah dan BPR yang dimiliki oleh swasta.

Berdasarkan pengelolaannya, maka BPR terbagi menjadi dua, yaitu BPR konvensional (BPR) dan BPR Syariah (BPRS).

Berdasarkan jenisnya, maka BPR dapat digolongkan menjadi tiga. Pertama adalah BPR Badan Kredit Desa (BKD). BKD adalah lembaga keuangan yang beroperasi di wilayah pedesaan. Bank Desa dan Lumbung Desa adalah contoh dari jenis BPR Badan Kredit Desa.

Jenis kedua adalah BPR Bukan Badan Kredit Desa. Contohnya adalah BPR eks LDKP (lembaga dana kredit pedesaan), Bank Pasar, BKPD (bank karya produksi desa), dan Bank Pegawai. Jenis ketiga adalah LDKP (lembaga dana dan kredit pedesaan). LDKP ini dapat berwujud perusahaan daerah (PD), koperasi, perseroan terbatas (PT), dan bentuk lainnya yang ditetapkan dengan peraturan pemerintah.

Baca Juga: Berikut Tips Memulai Karir sebagai Kasir Bank

Produk BPR

Produk utama dari BPR ini ialah kredit. Namun, tak hanya urusan kredit, dalam pelayanannya BPR juga menyediakan fasilitas menabung yang dekat, aman dan mudah untuk masyarakat.

Dari sisi produk, yang ditawarkan BPR memang lebih terbatas daripada bank umum. Keterbatasan produk yang dirilis oleh BPR ini memang sudah mengikuti amanat undang-undang perbankan. Adapun layanan produk yang BPR antara lain:

• Deposito

• Tabungan

• Sertifikat Bank Indonesia (SBI)

• Kredit

Nah, itu tadi Bank Perkreditan Rakyat yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker.

Baca Juga: 7 Posisi Dan Jenjang Karir Di Bank


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

TAG :

Komentar