4 Alasan Penting Melakukan Manajemen Waktu
Siker.id | 12 Aug 2022 14:02


Bagikan ke
Alasan penting melakukan manajemen waktu (siker)

siker.id – Ketika kalian melakukan segala sesuatu termasuk bekerja, kalian harus memahami dan mempraktekkan manajemen waktu. Apa itu manajemen waktu?

Menurut Brigitte J.C. Claessens, Wendelien van Eerde dan Christel G. Rutte dalam A Review of the Time Management Literature, manajemen waktu ialah perilaku atau sikap yang mempergunakan waktu secara efektif ketika melakukan aktivitas untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan menurut Atkinson, manajemen waktu merupakan jenis skill yang berhubungan dengan usaha dan aksi terencana yang dilakukan oleh seorang individu demi memanfaatkan waktu yang dimiliki secara maksimal.

Intinya, manajemen waktu dapat dikatakan sebagai metode atau cara penting untuk mengatur waktu yang tepat terkait dengan pekerjaan yang dilakukan.

Lalu, mengapa manajemen waktu ini begitu penting? Simak ulasannya di bawah ini, sobat siker!

Baca Juga: Banyak Meeting? Ini 3 Tips Agar Produktif & Bijak Atur Waktu

Menjadi Lebih Terorganisir

Seseorang yang dapat mengatur waktu dengan baik tentu akan berusaha untuk memastikan meja kerjanya selalu bersih, teratur, dan rapi. Hal ini dapat meminimalisasi waktu yang dibutuhkan untuk mencari barang yang dibutuhkan karena barang-barang tersebut akan selalu ada di tempatnya.

Pekerjaan Selesai Tepat Waktu

Apabila pekerjaan selesai pada waktu yang telah ditentukan tentu akan mendukung kinerja perusahaan. Kamu juga dapat mengatur waktu dengan menggabungkan tugas atau tugas yang perlu dilakukan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakanya.

Dengan hal tersebut, para pelaku usaha dapat mengerjakan usahanya tepat waktu selama tidak melanggar daftar kegiatan yang telah disiapkan.

Baca Juga: 3 Tips Mengisi Waktu Jeda saat Bekerja

Mendisiplinkan Diri

Dengan melakukan manajemen waktu, tentunya kamu akan pandai mengatur waktu. Berbagai pekerjaan yang harus kamu lakukan akan lebih terarah karena sudah ada manajemen yang menjadi patokannya. Hasilnya sudah tentu pekerjaanmu dapat telaksana sesuai dengan yang seharusnya.

Nah, melalui hal tersebut, dirimu sebenarnya sudah melatih diri sendiri agar menjadi pribadi yang lebih disiplin. Jelas saja karena mengelola waktu membuat segala jadwal lebih terperinci sehingga dapat terhindar dari sikap suka menunda-nunda.

Mengurangi Tekanan atau Stres

Jika kamu tidak terburu-buru dalam menyelesaikan tugas dan mengetahui secara pasti lokasi benda yang kamu butuhkan, maka kamu tidak akan teledor atau memiliki banyak kesalahan. Dengan hal ini, tentunya akan membantu mengurangi tekanan atau stres yang kamu rasakan.

Nah, itu tadi 4 alasan penting melakukan manajemen waktu yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pelajari Pendekatan Manajemen Perubahan Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar