5 Skill Para Akuntan yang Wajib Kamu Kuasai!
Siker.id | 12 Aug 2022 13:05


Bagikan ke
Skill para akuntan yang wajib kamu kuasai (siker)

siker.id – Profesi akuntan kini menjadi profesi yang banyak diincar oleh orang-orang. Selain karena banyak perusahaan yang membutuhkan mereka, profesi ini dinilai sebagai profesi yang menjanjikan dan memiliki masa depan yang baik.

Ngomong-ngomong soal akuntan, apa itu akuntan? Menurut KBBI, akuntan merupakan seorang ahli akuntansi yang bertugas menyusun, membimbing, mengawasi, menginspeksi, dan memperbaiki tata buku serta administrasi perusahaan atau instansi pemerintah.

Akuntan juga dapat berarti sebuah gelar akademis bagi lulusan perguruan tinggi jurusan akuntansi. Seorang akuntan memiliki tanggung jawab yang besar karena pekerjaannya berhubungan dengan pencatatan dan perhitungan data keuangan sehingga mereka harus teliti agar terhindar dari kesalahan yang dapat berakibat fatal.

Untuk itu, agar menjadi seorang akuntan yang handal, diperlukan keterampilan atau skill yang mampu menunjang pekerjaan akuntan tersebut. Nah, apa saja skill yang perlu dikuasai seorang akuntan? Yuk, simak di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: Pentingnya Akuntan Dalam Mengelola Keuangan Perusahaan

Mahir Menggunakan Spreadsheet/ Microsoft Excel

Para akuntan saat ini mengandalkan berbagai software dalam menyelesaikan berbagai tugas. Seorang dengan profesi akuntansi harus mengenal Spreadsheet milik Google atau Microsoft Excel. Untuk itu, agar cepat sukses dalam berkarir, kamu bisa mengasah keahlian software-software tersebut sejak dini, seperti mulai dari bangku kuliah.

Komunikasi Interpersonal

Para akuntan juga harus mampu menjelaskan temuan mereka kepada rekan kerja dan klien, yang banyak di antaranya tidak memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep keuangan secara rinci.

Maka dari itu, seorang dengan profesi akuntansi pada dasarnya berfungsi sebagai penerjemah data. Salah satu keterampilan terpenting yang perlu dimiliki akuntan yakni, kemampuan untuk mengubah angka, bagan, dan tabel menjadi informasi yang dapat dipahami orang banyak.

Manajemen Waktu

Banyak akuntan yang mengerjakan beberapa proyek dalam satu waktu sehingga mereka membutuhkan kemampuan manajemen waktu agar dapat mengelola pekerjaan dengan efektif dan memberikan hasil yang memuaskan untuk setiap klien mereka.

Baca Juga: 4 Tips Mengasah Keterampilan Intrapersonal Skill

Kemampuan Analisis Data

Para akuntan dituntut mempunyai ketelitian tinggi dan orientasi terhadap detail karena mereka bertugas untuk mengurus laporan keuangan dan memastikan setiap data akurat dan terkini. Seorang akuntan yang baik dapat melihat laporan analisis dengan cepat untuk menentukan apakah angka dan data yang dihitung sudah tepat atau belum. Mereka juga harus bisa melihat dan menilai apakah output yang dihasilkan masuk akal.

Ilmu Komputer

Jika kamu ingin menjadi seorang akuntan, kamu harus menguasai ilmu komputer. Kamu harus mahir mengoperasikan berbagai perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola data keuangan perusahaan.

Nah, itu tadi 5 skill para akuntan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Ini Dia Skill yang Harus Dikuasai Seorang HRD!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar