4 Tips Mengasah Keterampilan Intrapersonal Skill
Siker.id | 10 Aug 2022 16:03


Bagikan ke
Tips mengasah keterampilan intrapersonal skill (siker)

siker.id – Tahukah kamu apa itu kemampuan intrapersonal? Kemampuan intrapersonal merupakan kemampuan yang meliputi aspek kesadaran, introspeksi, dan refleksi diri yang dapat ditingkatkan oleh mereka yang konsisten melakukannya. Kemampuan intrapersonal wajib dimiliki oleh para pemimpin masa depan karena tidak ada pemimpin yang bisa sukses tanpa menguasai keterampilan ini. Intrapersonal skill juga merupakan pondasi membangun hubungan dengan orang lain. Pada intinya, intrapersonal skill adalah tentang bagaimana seseorang memiliki kesadaran diri dan mengendalikan sikap internal.

Jika kamu saat ini sedang bekerja, kamu harus mampu memiliki kemampuan ini, sebab suatu saat ketika kamu menjadi seorang pemimpin dalam suatu perusahaan, kamu akan mengatur dan mengelola sumber daya manusia perusahaan. Maka dari itu, kamu perlu mengasah skill ini ya, sobat siker!

Penasaran apa saja tipsnya? Yuk, simak di bawah ini ya!

Baca Juga: Ini Dia Skill yang Harus Dikuasai Seorang HRD!

Memberikan Energi Positif pada Diri Sendiri

Memberikan energi positif pada diri sendiri dinilai sangat ampuh oleh berbagai kalangan. Berbicara pada diri sendiri ternyata sangat penting karena dapat memberikan semangat positif dan meningkatkan kepercayaan serta keteguhan diri dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

Saat menyemangati diri sendiri, kamu juga harus melatih keyakinan diri untuk mau dan mampu bertanggung jawab atas kesalahan yang kamu lakukan tanpa menyalahkan diri sendiri secara berlebihan.

Belajar Menempatkan Diri di Posisi Orang Lain

Salah satu tanda lemahnya intrapersonal skill seseorang ialah tidak memiliki rasa empati kepada orang lain. Rasa empati memang tidak mudah untuk ditumbuhkan. Namun, kamu bisa mengawali proses ini dengan mencoba menempatkan diri di posisi orang lain. Hal ini bertujuan agar kamu dapat lebih memahami alasan orang lain melakukan tindakan tertentu terhadap diri kamu. Setiap kejadian pasti ada latar belakangnya.

Baca Juga: 3 Cara Tingkatkan Skill Voice Over

Menulis Jurnal

Menurut Healthline, journaling atau menulis jurnal adalah salah satu tips meningkatkan intrapersonal skill. Pasalnya, hal itu bisa membantu kamu mencatat secara nyata tentang perasaan yang dialami setiap hari.

Pada jurnal tersebut, kamu bisa mencatat tujuan, perasaan, dan pengalaman apapun untuk dievaluasi saat refleksi.

Kurangi Protes

Umumnya, protes ialah suatu hal yang negatif, karena protes merupakan pelemparan masalah dari satu pihak ke pihak lainnya. Hal ini perlu dihindari dalam melatih interpersonal skills. Yang perlu dilakukan adalah melakukan feedback dengan memberikan masukan atau saran yang dapat diimplementasikan.

Nah, itu tadi 4 Tips Mengasah Keterampilan Intrapersonal Skill yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Skill yang Sangat Dibutuhkan di Masa Depan!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar