Begini Caranya Bekerja secara WFH yang Betul!
Siker.id | 10 Aug 2022 15:40


Bagikan ke
Cara bekerja secara WFH yang betul (siker)

siker.id – Bekerja dari rumah atau biasa disebut dengan WFH (Work From Home) adalah suatu metode baru bagi para pekerja untuk bekerja secara tidak langsung di kantor alias bekerja dari rumah. Metode WFH ini booming saat dunia dilanda Pandemi COVID-19.

Kelebihan menggunakan cara kerja ini ialah fleksibilitas dan efektivitas dalam bekerja. Dengan bekerja dari rumah, pekerjaan dapat dilakukan tanpa perlu bekerja secara langsung di kantor. Terlebih adanya pandemi tersebut, metode WFH ini dianggap mampu meminimalisasi risiko penyakit para pekerja. Selain itu, bagi para pekerja yang telah berkeluarga, tentu akan membantu pekerjaan rumah juga mudah diselesaikan.

Namun, bekerja dari rumah membuat beberapa orang mengalami kemalasan sehingga mereka tidak produktif dalam bekerja. Untuk itu, agar bekerja work from home ini optimal dan mampu menghasilkan produktivitas, berikut ini cara-cara WFH yang dapat diterapkan! Simak, ya!

Baca Juga: Ini Dia Makanan Penambah Energi Dikala Masih WFH

Buat Rencana Harian

Supaya kerjaan kamu tetap produktif dan efektif kamu harus menyusun rencana kerja setiap hari. Atur dan terapkan jam kerja sama seperti halnya kamu pergi kerja ke kantor. Lakukan pekerjaan yang menjadi prioritas terlebih dulu. Dengan membuat to-do-list kamu bisa terhindar dari keinginan melakukan aktivitas diluar pekerjaan.

Lakukan jeda saat bekerja dengan berdiri, peregangan ringan, berjalan dan makan siang. Kasih waktu pikiran dan otakmu untuk beristirahat juga, ya!

Pakailah Pakaian Bersih & Nyaman

Ketika pakaianmu bersih dan nyaman, pastinya akan meningkatkan mood kerja kamu. Selain itu, kondisi pakaian bersih juga akan menjauhkan kamu dari kuman-kuman. Memang, kamu tidak bertemu client, namun tetap perhatikan kebersihanmu, ya. Jangan sampai kamu tidak ganti baju.

Temukan Posisi Kerja yang Nyaman

Posisi bekerja yang menurutmu nyaman mungkin adalah meja dan kursi kerja yang dekat dengan jendela. Namun, untuk menghindari bosan, kamu bisa berpindah-pindah tempat kok. Kamu bisa bekerja di ruang tamu, ruang makan atau tempat lainnya.

Baca Juga: 3 Tips WFH Bersama Teman Kost

Ikuti Aturan Jam Kerja

Saat harus work from home, kamu jadi lebih fleksibel mengatur waktu, tapi keuntungan ini jangan disalahgunakan untuk lepas dari peraturan jam kerja yang berlaku.

Ikuti aturan waktu kerja kantor seperti biasa, kamu harus mampu mengendalikan dan mengatur waktu seefektif mungkin. Sulit memang bekerja tanpa pengawasan, tapi perlu diingat kalau kamu punya tanggung jawab untuk diri sendiri dan menyelesaikan tugas yang diberikan tepat waktu.

Tetap Menjaga Koneksi & Responsif

Biasanya kalau di kantor kita bisa dengan mudah “tek-tokan” sesama rekan kerja, tapi karena jarak memisahkan, alhasil komunikasi nggak bisa lagi dilakukan secara langsung.

Karena itu kamu harus bisa memanfaatkan teknologi digital yang ada untuk terkoneksi dengan rekan kerja lain. Jangan terlalu sering meninggalkan tempat kerja, karena siapa tau ada keperluan mendesak dari atasan yang membutuhkanmu.

Pastikan internet di rumahmu juga berjalan lancar. Jangan lupa untuk mendiskusikan pekerjaan dan kendala yang kamu alami ke rekan kerjamu ya!

Nah, itu tadi Cara Bekerja secara WFH yang Betul yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Tips Desain Ruang Kerja untuk WFH


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar