4 Tips Sukses Menjadi Manajer Operasional!
Siker.id | 10 Aug 2022 15:15


Bagikan ke
Tips sukses menjadi manajer operasional (siker)

siker.id – Menjadi seorang manajer tentu bukanlah perkara yang mudah. Butuh jam terbang tinggi alias pengalaman dan juga keterampilan mumpuni untuk memimpin sebuah bidang pekerjaan. Apalagi pada bidang operasional suatu perusahaan, tentu dibutuhkan kepemimpinan, kemampuan mengelola orang, ketelitian, dan lain sebagainya.

Terkait dengan tanggung jawab, manajer operasional bertanggung jawab dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi dan mengelola potensi risiko agar bisa ditekan dan tidak terjadi. Bisa dibilang tugas manajer operasional cukup luas cakupannya karena bertanggung jawab terhadap kegiatan manajerial, produktivitas, hingga melakukan kontrol terhadap efektivitas dan efisiensi yang sejalan dengan kebijakan di perusahaan.

Namun, setiap perusahaan tetap memiliki batasan yang berbeda mengenai cakupan tugas manajer operasional secara detail. Hanya saja jika kita tarik garis besarnya, kurang lebih itulah tugas manajer operasional pada umumnya.

Lalu, apa saja tips yang dapat kamu gunakan untuk menjadi seorang manajer operasional yang sukses? Simak di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Cara Mulus Menjadi Seorang Manajer HRD

Leadership

Seorang manajer operasional umumnya bekerja dengan tim. Maka dari itu, kemampuan leadership sangat penting untuk memotivasi setiap anggota tim, berinovasi, dan mampu mengelola ide bahkan konflik yang terjadi didalam internal grup.

Kemampuan Manajemen Keuangan

Sering kali manajer operasional harus berurusan dengan manajemen keuangan perusahaan termasuk mulai dari perencanaan, sistem dan kontrol, hingga pengurusan dokumen fiskal bersama Chief Operation Officer (COO). Selain itu, laporan keuangan dan segala pemotongan biaya juga berada di bawah pengawasan manajer operasional.

Baca Juga: Pahami 4 Tugas Manajer Keuangan Ini!

Kemampuan Manajemen Produksi

Kemampuan manajer operasional dalam mengidentifikasi proses improvement juga dibutuhkan agar sistem dan peraturan di perusahaan tetap berjalan maksimal dan sesuai dengan visi-misi dari perusahaan tersebut.

Kemudian, memastikan setiap operasional menjunjung tinggi mutu juga diperlukan agar setiap pekerja dapat menyelesaikan tugas beserta tanggung jawabnya dengan standar yang sama, yaitu memberikan hasil terbaik.

Kemampuan Manajemen Sumber Daya

Kemampuan yang tak kalah penting bagi manajer operasional yakni, bagaimana sebagai leader harus mampu mengelola dan meningkatkan efektivitas beserta efisiensi dari sumber daya manusia yang ada dengan melakukan improvement secara berkala dan menciptakan komunikasi yang saling mendukung.

Nah, itu tadi 4 Tips Sukses Menjadi Manajer Operasional yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menjadi Seorang Manajer Pemasaran!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar