4 Tips Memberikan Apresiasi Kepada Karyawan!
Siker.id | 09 Aug 2022 18:02


Bagikan ke
Tips memberikan apresiasi kepada karyawan (siker)

siker.id – Apresiasi karyawan merupakan salah satu hal yang penting diperhatikkan dalam suatu perusahaan. Hal ini perlu dilakukan oleh orang dengan jabatan yang lebih tinggi dalam suatu perusahaan. Terlebih bagi seorang staf HRD yang biasanya membawahi para staf/karyawan dari suatu perusahaan, mereka harus mampu menunjukkan apresiasi kepada karyawan mereka.

Dengan memberikan apresiasi, para karyawan tentu akan merasa dihargai dan diperhatikkan oleh perusahaan. Ini akan berimbas baik pada kinerja perusahaan. Ketika para karyawan tersebut merasa diapresiasi, produktivitas kerja mereka dapat meningkat sebab mereka memiliki rasa kebersamaan dan semangat berkarya yang lebih baik dari sebelumnya.

Untuk itu, perusahaan perlu memberikan apresiasi tersebut. Bagaimana caranya? Berikut tips yang dapat digunakan untuk mengapresiasi karyawanmu!

Baca Juga: 4 Bentuk Apresiasi Kepada Karyawan

Gunakan Kata Maaf, Tolong, dan Terima Kasih

Seorang pemimpin yang bijaksana tentunya akan membiasakan tiga kata ucapan ini yakni, maaf, tolong dan terima kasih di lingkungan kerja ketika ingin meminta bantuan orang lain. Tak hanya diantara karyawan saja, namun juga diantara pemimpin kepada bawahannya. Walaupun terlihat sepele, kata-kata tersebut akan membuat karyawan merasa dihargai oleh pemimpinnya.

Makan Bersama

Sesekali kamu bisa mengajak karyawanmu untuk makan bersama diluar agenda kantor dan biarkan mereka menentukan tempat mana yang mereka suka. Dengan cara ini, akan membantu kamu untuk lebih akrab dengan karyawan dan membicarakan hal-hal lain diluar lingkup pekerjaan.

Baca Juga: 3 Manfaat Memberikan Apresiasi di Lingkungan Kerja

Memberikan Bonus

Apresiasi lain yang bisa kamu coba ialah dengan memberikan hadiah atau bonus spesial sebagai bentuk apresiasi atas kinerja SDM yang baik. Karyawan yang sudah bekerja keras untuk perusahaan dan berprestasi layak diberi imbalan berupa hadiah nyata yang bisa langsung dimanfaatkan seperti voucher belanja, voucher makan di tempat spesial atau voucher liburan.

Berikan Penghargaan

Selain memberikan bonus, cara lain untuk mengapresiasi kinerja SDM yang loyal dan berprestasi adalah dengan cara memberikan penghargaan berupa piagam, piala, atau medali. Bila penghargaan tersebut dipasang di meja kerja mereka, maka hal itu akan mengingatkan mereka akan keberhasilan yang pernah dicapai.

Kamu juga bisa menetapkan agenda employee of the month atau employee of the year sebagai suatu bentuk pemberian tanda penghargaan pada para karyawan yang berprestasi. Pemberian tanda penghargaan sebagai reward pada karyawan ini terbukti dapat meningkatkan tanggung jawab mereka terhadap pekerjaannya.

Nah, itu tadi 4 Tips Memberikan Apresiasi Kepada Karyawan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Alasan Pentingnya Apresiasi di Tempat Kerja


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar