Ini Dia Skill yang Harus Dikuasai Seorang HRD!
Siker.id | 09 Aug 2022 17:55


Bagikan ke
Skill yang harus dikuasai seorang HRD (siker)

siker.id – Menjadi seorang staf HRD artinya memiliki tanggung jawab besar dalam mengelola karyawan suatu perusahaan tertentu. Tanggung jawab ini selayaknya diemban dengan baik, sebab kesejahteraan karyawan akan menjadi tugas utama para staf HRD.

Untuk itu, jika kalian saat ini adalah staf HRD suatu perusahaan. Ada baiknya kalian memiliki berbagai skill atau keterampilan penunjang yang dapat mendukung kinerja kalian sebagai seorang HRD. Hal ini, selain berdampak pada produktivitas kerja kalian, juga akan berdampak pada pengambilan keputusan perusahaan termasuk terkait dengan karyawan/ sumber daya manusia perusahaan itu sendiri.

Nah, apa saja kira-kira skill yang harus kalian kuasai? Yuk, simak di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Skill yang Sangat Dibutuhkan di Masa Depan!

Peka dan Paham Psikologi Manusia

Ketika menjalankan jobdesc, seorang HRD dituntut berhubungan dengan semua karyawan di perusahaan. Tidak hanya memperkenalkan perusahaan di awal rekrutmen, namun juga memproses setiap permasalahan karyawan yang muncul setiap harinya. Sehingga, seorang HRD harus mampu menjalin hubungan yang baik dengan semua karyawan.

Di sinilah kemampuan memahami psikologi manusia menjadi skill wajib yang harus dimiliki HRD. Kamu dituntut untuk lebih peka dan bisa memahami setiap permasalahan karyawan yang datang dari berbagai latar belakang berbeda.

Multitasking

Seorang HRD juga dituntut memiliki kemampuan multitasking atau mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Sebab, HRD memiliki jobdesk yang cukup banyak dan mengharuskannya berhubungan dengan banyak divisi di perusahaan.

Mulai dari memproses rekrutmen karyawan, mempersiapkan pelatihan untuk karyawan, hingga mengatur penggajian dan memproses karyawan bermasalah.

Baca Juga: 5 Skill Untuk Menjadi Business Intelligence

Negosiasi

Kamu juga harus mampu menilai sejumlah solusi yang ada ketika dihadapkan pada situasi yang mengharuskan kamu bernegosiasi dengan pihak manapun. Hal ini kemudian berujung pada negosiasi terhadap setiap pihak terkait agar tidak ada yang dirugikan atau dengan kata lain menghasilkan “win-win solution”.

Komunikasi

Sebagai HR, kamu perlu terus melakukan komunikasi dengan banyak pihak termasuk para manajer, kandidat terpilih, para pelamar dan tentunya setiap karyawan di perusahaan. Tidak hanya berkomunikasi secara langsung, kamu juga dituntut harus bisa berkomunikasi dengan baik melalui media sosial, email hingga ketika meeting.

Nah, itu tadi Skill yang Harus Dikuasai Seorang HRD yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Cara Tingkatkan Skill Voice Over


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar