icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja!
Siker.id | 08 Aug 2022 16:26


Bagikan ke
Cara meningkatkan produktivitas kerja (siker)

siker.id – Tahukah kalian apa itu produktivitas? Pengertian dari produktivitas sendiri ialah kemampuan setiap orang, sistem, atau suatu perusahaan yang dilakukan untuk menghasilkan barang atau jasa. Dalam meningkatkan produktivitas, sumber daya manusia menjadi elemen paling penting yang harus diakui dan diterima.

Produktivitas karyawan menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang keberhasilan suatu bisnis. Apabila karyawan tidak produktif, tentu kegiatan operasional perusahaan menjadi tidak lancar alias terhambat. Terlebih, ketika para karyawan menjalankan suatu pekerjaan, pastinya dibutuhkan fokus untuk menghasilkan kinerja yang baik. Sebab, produktivitas kerja yang baik akan membantu pekerjaan sehingga pekerjaan menjadi efisien dan efektif.

Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan produktivitas kerja? Simak tipsnya di bawah ini ya!

Baca Juga: 5 Perabot Kantor yang Membantu Produktivitas Kerja

Atur Jam Kerja 

Sebagai pekerja, kamu perlu mengelola jam kerja dengan wajar. Sebab, membiarkan diri bekerja lembur hingga larut malam justru akan mengurangi produktivitas sehingga membuat produktivitas perusahaan menjadi tidak efektif. Cara meningkatkan produktivitas yang benar yakni, dengan mengatur jam kerja yang wajar namun efektif agar bisa mencapai target perusahaan. Maksudnya, tidak menjadi masalah ketika kamu pulang lebih awal selama kamu telah menyelesaikan tanggung jawabmu pada hari itu, sehingga kamu bisa mempunyai waktu lebih untuk beristirahat dan menjadi produktif keesokan harinya.

Pengawasan dan Evaluasi secara Berkala

Salah satu cara yang cukup efektif untuk meningkatkan produktivitas perusahaan secara keseluruhan yakni, dengan melakukan pengawasan dan evaluasi secara berkala pada karyawan. Hal ini bisa diterapkan oleh perusahaan agar bisa selalu update mengenai kinerja karyawan sehingga bila ada karyawan yang menyimpang dari tujuan perusahaan bisa segera diarahkan oleh atasan.

Baca Juga: 3 Tips Menjaga Produktivitas selama Kerja Hybrid

Hindari Potensi Gangguan

Gangguan bisa saja terjadi dan menghambat produktivitas perusahaan. Gangguan biasanya disebabkan oleh faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal misalnya situasi yang tidak mendukung untuk bekerja secara optimal. Faktor internal misalnya keinginan untuk melakukan sesuatu di luar tanggung jawab kamu. 

Sebagai pekerja, kamu harus bisa mengidentifikasi jenis gangguan ini agar bisa menentukan langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya. Jika berasal dari luar, kamu bisa menghindarinya dengan berbagai cara. Jika berasal dari dalam, kamu pun harus berlatih untuk tidak mengikutinya. Lakukan tindakan-tindakan preventif agar gangguan tersebut tidak menurunkan produktivitas kerja.

Nah, itu tadi 3 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Bagian Produktivitas Kerja dalam Hidup


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar