Pahami Jenis Training Ini!
Siker.id | 08 Aug 2022 16:05


Bagikan ke
Jenis training (siker)

siker.id – Bagi kamu seorang karyawan atau staf perusahaan tentunya pernah mendengar atau melakukan sebuah pelatihan/ training. Ya, training adalah sebuah program yang dibuat agar pengetahuan, keahlian, keterampilan teknis, dan efisiensi karyawan dalam mengerjakan tugas menjadi lebih baik. Sifatnya berkala, tidak berkelanjutan. Training karyawan diberikan baik kepada karyawan baru, maupun yang sudah lama bekerja di perusahaan.

Di bawah ini terdapat jenis-jenis training yang biasanya dilakukan oleh suatu perusahaan dalam melatih karyawannya. Yuk, simak, ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut 5 Manfaat Mengikuti Training Kerja

Training Vestibular

Pada training ini, karyawan bekerja langsung di dalam ruangan khusus yang telah disediakan oleh perusahaan. Biasanya, training ini akan diberikan karyawan dengan bantuan peralatan atau mesin yang identik dengan pekerjaan yang dilakukan.

Apprenticeship (magang)

Jenis training ini dapat dikatakan sebagai gabungan dari pelatihan kerja dengan pengalaman kerja. Biasanya, program training karyawan magang memiliki periode pelatihan yang lebih panjang, yakni selama satu tahun bahkan lebih. Hal ini tergantung pada kontrak antara perusahaan dengan karyawan itu sendiri.

Internship

Hampir mirip dengan apprenticeship, namun jenis training ini memiliki waktu pelaksanaan yang relatif lebih singkat yakni, dalam hitungan minggu atau bulan.

Baca Juga: Berikut Ini Beberapa Jenis On the Job Training

Kursus Spesifik

Umumnya perusahaan memiliki tujuan tertentu dalam memberikan kursus untuk karyawan yang sifatnya lebih edukatif. Jenis training ini diberikan dalam bentuk kuliah, pemutaran film, konferensi, dan lain sebagainya.

Pelatihan oleh Staf Senior

Karyawan yang sudah lebih lama bekerja dan lebih berpengalaman dapat menjadi mentor terbaik bagi penerusnya. Mereka bisa menjadi trainer yang sempurna dan memberikan pengalaman nyata yang akurat.

On-the-job Training

Jenis pelatihan ini merupakan yang paling umum digunakan. Pada pelatihan ini, dapat dikatakan karyawan bekerja sambil belajar. Biasanya, mereka langsung ditempatkan di arena, diawasi atasan, seperti manajer, kepala departemen, atau supervisor. Jenis pelatihan ini cocok untuk pekerjaan semiterampil dan tidak terampil, misalnya pekerjaan-pekerjaan klerikal.

Nah, itu tadi jenis-jenis training yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut Tips Lolos Masa Training Kerja


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar