Pahami 4 Tugas Manajer Keuangan Ini!
Siker.id | 08 Aug 2022 15:05


Bagikan ke
Tugas manajer keuangan (siker)

siker.id – Di dalam sebuah perusahaan, tentunya terdapat beberapa divisi yang mengatur pekerjaan. Sebut saja divisi pemasaran, SDM/Sumber Daya Manusia, operasional, produksi dan juga keuangan. Nah, setiap divisi tersebut biasanya dikepalai oleh seorang manajer, termasuk pada divisi keuangan pastinya terdapat seorang manajer keuangan yang mengatur keuangan pada suatu perusahaan tersebut.

Lalu, apa saja tugas seorang manajer keuangan dalam sebuah perusahaan? Yuk, simak di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menjadi Seorang Manajer Pemasaran!

Bertanggung Jawab atas Keputusan Pembiayaan 

Tugas seorang manajer keuangan adalah membuat keputusan pembiayaan operasional perusahaan dan keputusan yang dibuat juga tidak dapat dilakukan dengan semena-mena tanpa perhitungan. Keputusan pembiayaan yang diambil seorang manajer haruslah menguntungkan perusahaan dalam operasionalnya.

Merencanakan Keuangan Perusahaan

Selanjutnya, tugas yang dibebankan pada konsep kerja divisi ini ialah harus mampu membuat sebuah perencanaan umum keuangan perusahaan. Sebagai contoh, membuat perencanaan keuangan dalam periode tertentu seperti 1 tahun kerja atau periode bulanan kerja. Manajer dan divisi keuangan ini harus memiliki kemampuan untuk menyusun perencanaan ini untuk kemudian dikembangkan atau dievaluasi bersama sebelum diterapkan.

Baca Juga: 4 Tips menjadi Manajer yang Baik

Bekerja Sama dengan Manajer Lain

Tugas yang tak kalah penting dari seorang manajer keuangan adalah mampu bekerja sama dengan manajer lainnya. Kemampuan bekerja sama dengan rekan lainnya tentu saja akan membantu perusahaan untuk berkembang dan meminimalisir kegagalan kerja dan keuangan. Oleh karenanya, perlu sekali seorang manajer itu komunikatif terhadap rekan lainnya.

Memajukan Keuangan Perusahaan

Memajukan keuangan sebuah perusahaan juga menjadi tugas dari seorang manajer. Jangan sampai pengelolaan dana akan menjadi salah tempat dan menghasilkan kerugian. Pengeluaran, pendapatan, laba hingga rugi harus dicatat dan menjadi tanggung jawab manajer untuk dikelola.

Nah, itu tadi 4 Tugas Manajer Keuangan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut Tugas dan Jenjang Karir Manajer Logistik


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar