icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Karakter yang Harus Dimiliki oleh Pekerja!
Siker.id | 08 Aug 2022 14:05


Bagikan ke
Karakter yang harus dimiliki oleh pekerja (siker)

siker.id – Sobat siker, apakah saat ini kamu sedang bekerja pada perusahaan tertentu? Atau kamu adalah pencari kerja? Jika iya, tentunya kamu harus memiliki karakter pekerja ketika kamu bekerja. Karakter adalah watak, sifat, akhlak ataupun kepribadian yang membedakan seorang individu dengan individu lainnya. Atau karakter dapat di katakan juga sebagai keadaan yang sebenarnya dari dalam diri seorang individu, yang membedakan antara dirinya dengan individu lain.

Lalu, apa saja karakter yang harus dimiliki oleh para pekerja? Yuk, simak di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Karakter yang Wajib Dimiliki Pebisnis Pemula

Profesional

Ketika bekerja, siapapun itu, ia harus tetap menjaga kinerja yang baik meski kondisi hidup di luar lingkup kerja sedang mengalami beberapa gejolak. Beberapa karakter yang harus ada dalam diri karyawan berdasarkan aspek profesionalitasnya adalah bersikap sopan, mampu menyampaikan hal dengan jelas, tetap tenang, dan menjaga itikad baik.

Jadi, kamu harus bisa mencontohkan dan meminta setiap karyawan untuk bersikap profesional. Dalam hal ini, karyawan harus mampu memisahkan masalah kerja dengan masalah hidupnya agar tidak berpengaruh pada kualitas pelayanan nantinya.

Berintegritas

Dalam bekerja, integritas adalah nomor satu. Istilah integritas berasal dari kata integer dalam bahasa latin yang berarti sempurna dan tanpa kedok. Karakter karyawan yang berintegritas adalah mampu bertindak secara konsisten dan sesuai dengan nilai, kode etik, dan kebijakan profesi meski dalam kondisi sulit.

Pekerja yang memiliki jiwa integritas tinggi adalah mereka yang bisa mempertahankan kejujuran, etika serta keteguhannya dalam mempertahankan prinsip dan nilai moral tertentu. Contoh karakter yang harus ada dalam diri karyawan dalam aspek integritas antara lain: tepat waktu, tidak melanggar aturan tempat kerja, tidak melanggar nilai moral, bertanggung jawab, menghindari segala bentuk kecurangan dan praktek-praktek ketidakjujuran lainnya.

Baca Juga: Memahami 3 Karakter Generasi Z

Adaptif

Menjadi pribadi yang adaptif atau cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja akan menambah hal yang positif. Pekerja adaptif adalah mereka yang bisa menempatkan dirinya sesuai situasi dan kondisi tempat kerja. Hal ini tidak mudah bagi sebagian orang, karena beradaptasi di lingkungan baru pada dasarnya butuh waktu yang tidak sebentar. Jika dia cepat beradaptasi, maka bisa dikatakan dia adalah orang yang cerdas.

Tidak Gampang Tersinggung

Para pekerja yang baik diharapkan mampu mengelola emosi dan tidak mudah tersinggung terhadap hal-hal yang tidak terlalu penting. Ia bisa memilih mana saja hal yang perlu dipikirkan atau diabaikan, sehingga dia bisa bekerja secara lebih efektif dan efisien.

Nah itu tadi 4 Karakter yang Harus Dimiliki oleh Pekerja yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut 5 Karakter Orang Sukses


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar