Pahami 5 Peran Teknologi Informasi untuk Bisnis Ini!
Siker.id | 05 Aug 2022 14:05


Bagikan ke
Peran teknologi informasi untuk bisnis (siker)

siker.id – Disadari atau tidak, perkembangan teknologi hari ini sungguh terjadi begitu cepat. Cepatnya perkembangan teknologi tersebut tidak terjadi begitu saja, beragam faktor membuat teknologi kini berkembang pesat. Salah satunya adalah globalisasi.

Menurut Cochrane dan Pain, adanya globalisasi ditandai dengan munculnya suatu sistem budaya dan ekonomi secara global yang bisa membuat masyarakat dari seluruh dunia menjadi masyarakat tunggal yang tumbuh secara global. Dengan kata lain, sudah tidak adanya “dinding” antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya, antara individu yang satu dengan yang lainnya, dan antara negara yang satu dengan yang lainnya.

Nah, teknologi menjadi salah satu pintu masuk proses globalisasi itu sendiri. Begitu pesatnya perkembangan teknologi membuat seluruh lini bisnis memanfaatkan teknologi tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Teknologi dipandang sebagai sesuatu yang efisien dan efektif dalam melakukan suatu bisnis. Tak terkecuali teknologi informasi.

Teknologi informasi tidak hanya penting sebagai alat komunikasi via elektronik saja, melainkan merupakan perangkat penting yang seharusnya dimiliki dalam bisnis sebagai sarana untuk berkoordinasi dan pengarsipan dokumen-dokumen penting.

Lalu, apa saja peran lain teknologi informasi dalam bisnis yang biasanya diterapkan oleh para pekerja perusahaan? Simak di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: Tak Punya Skill, Ini 4 Tips Berkarir Di Industri Teknologi

Sistem Manajemen Data

Kini, teknologi informasi dapat memudahkan perusahaan dalam melakukan manajemen data. Arsip bisnis atau perusahaan yang selalu identik dokumen-dokumen dalam bentuk kertas kini berubah menjadi data digital yang tersimpan dalam komputer perusahaan. Data digital dokumen dianggap lebih mudah disimpan dan diakses oleh setiap orang, terlepas dari lokasi mereka yang sedang jauh dari tempat bisnis.

Data yang sudah terekam pun masih bisa bertahan hingga beberapa periode ke depan, yang tentunya berguna sebagai bahan pertimbangan atau evaluasi nantinya. Selain itu, data digital dinilai lebih ekonomis dan lebih ramah lingkungan karena minimnya penggunaan sampah kertas.

Memudahkan CRM (Customer Relationship Management)

CRM atau komunikasi antara bisnis dengan pelanggan pun berjalan lebih lancar berkat perkembangan teknologi informasi ini. Kegiatan bisnis dan pelayanan pembeli pun bisa berjalan selama 24 jam karena aktivitas bisnis terus berjalan tanpa mengenal batas ruang dan waktu apabila diperlukan.

Teknologi informasi pun menciptakan beberapa bot atau layanan komunikasi otomatis yang bisa melayani pelanggan secara langsung dengan cepat. Selain itu, CRM juga bisa menyimpan data kronologis pelanggan sebagai record kegiatan mereka.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Rekrutmen Perusahaan di Era Teknologi

Memperluas Pasar

Bila kamu melakukan bisnis dengan cara yang konvensional, maka kamu hanya bisa melakukan bisnis dengan jam kerja tertentu dan menjangkau jarak tempuh tertentu. Namun, bila kamu menggunakan e-commerce atau website sebagai channel penjualan alternatif, maka seluruh transaksi penjualanmu tidak akan lagi terbatas waktu. Kamu tetap dapat berjualan 24 jam sekalipun kamu sedang tidur. Mantap bukan?

Mempermudah Cara Komunikasi

Saat ini, jika kamu ingin menghubungi customer atau supplier, kamu hanya tinggal buka Whatsapp saja. Dengan hal tersebut, kamu bisa mendapatkan jawaban yang cepat dan gratis pula. Tidak perlu lagi menghabiskan pulsa telepon karena Whatsapp juga menyediakan fitur Voice Calling secara gratis.

Selain Whatsapp, teknologi seperti email juga berperan penting karena bisa digunakan untuk menjadi sarana promosi produk perusahaan atau promosi event perusahaan.

Sumber Informasi bagi Bisnis

Apabila sebuah bisnis atau perusahaan ingin maju, maka mereka harus aktif mencari segala informasi yang bisa memajukan bisnisnya.

Banyak sekali informasi dan pengetahuan mengenai bisnis di internet, hanya saja pebisnis harus berhati-hati dan tetap memilah informasi yang benar-benar bermanfaat. Bisa juga pebisnis mendapatkan banyak mitra atau partner untuk bekerja sama yang bisa menguntungkan bisnis mereka masing-masing.

Nah, itu tadi 5 Peran Teknologi Informasi untuk Bisnis yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut Tren Terbaru Perekrutan Era Teknologi


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar