5 Tips Sukses Menjadi Seorang Manajer Pemasaran!
Siker.id | 05 Aug 2022 15:10


Bagikan ke
Tips sukses menjadi seorang manajer pemasaran (siker)

siker.id – Menjadi seorang manajer tentu tidaklah mudah. Seorang manajer harus memiliki kriteria yang oke bila ingin berhasil memimpin sebuah divisi/tim kerja. Apalagi jika menjadi seorang manajer pemasaran, kamu harus memahami betul pemasaran secara keseluruhan. Ini termasuk dalam hal memasarkan sebuah produk.

Dalam memasarkan sebuah produk, tentu memerlukan beberapa cara. Selain harus bersaing dengan produk lain, pemasaran juga mengharuskan sebuah produk untuk bisa dipercaya masyarakat. Dibutuhkan keterampilan untuk membuat sebuah produk yang laku di pasaran. Nah, untuk itu seorang marketing manager harus mampu bertanggung jawab atas beberapa produk di perusahaan tersebut yang dijual pada masyarakat. Dengan kata lain, seorang manajer pemasaran harus mampu bertindak sebagai konseptor dan evaluator.

Bila saat ini kamu adalah seorang staf pemasaran suatu perusahaan, dan mungkin ke depan kamu akan dijadikan manajer pemasaran, ada baiknya kamu pahami 5 tips sukses menjadi manajer pemasaran di bawah ini!

Baca Juga: 4 Tips menjadi Manajer yang Baik

Memahami Target

Tidak semua orang peduli dengan produk atau jasa kamu karena mereka hanya peduli dengan masalah mereka sendiri. Untuk itu, kamu harus mampu memiliki produk yang sesuai dengan apa yang kamu targetkan. Apakah target pasarmu adalah anak muda, orang tua, atau semuanya? Kamu harus mampu menargetkan konsumenmu dan menciptakan jembatan antara produkmu dan kebutuhan konsumenmu.

Memiliki Keterampilan Penjualan

Seorang manajer pemasaran selain harus memiliki ide – ide kreatif yang dijual, juga harus memiliki keterampilan penjualan. Keterampilan ini akan berguna untuk mengarahkan dan memahami masalah yang dihadapi tim kamu.

Baca Juga: Berikut Tugas dan Jenjang Karir Manajer Logistik

Memahami Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran diperlukan untuk memastikan agar proses pemasaran berhasil. Di sini peran seorang manajer pemasaran menjadi penting karena lewat intuisinya, ia akan mengetahui strategi apa yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan untuk memasarkan produknya.

Menginisiasi Proses Marketing yang Baru

Untuk memperbesar kemungkinan menggaet calon konsumen baru, membuat proses pemasaran baru akan menjadi tugas seorang manajer pemasaran. Manajer pemasaran juga harus mampu mencari hal baru, mulai dari strategi hingga channel marketing, dan menyeleksi kemungkinan yang akan terjadi.

Menarik Hati Pelanggan

Seorang manajer pemasaran juga mesti mampu memahami dan mengikuti pasar secara baik. Memiliki pendekatan yang inovatif dan berpikiran maju tentu akan membantu perusahaan mempromosikan dan mengembangkan produk/layanan kepada pelanggannya secara baik. Jika hal ini dilakukan, tak ayal, produkmu dapat menjadi daya tarik bagi konsumen atau pelangganmu.

Nah, itu tadi 5 Tips Sukses Menjadi Seorang Manajer Pemasaran yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut Tugas Seorang Manajer dalam Perusahaan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar