Kamu Perlu Tahu 4 Fungsi Akuntansi Manajemen Ini!
Siker.id | 05 Aug 2022 16:25


Bagikan ke
Fungsi akuntansi manajemen (siker)

siker.id – Untuk mengambil suatu keputusan dengan tepat, perusahaan tentu membutuhkan perencanaan, penghitungan dan perkiraan manajemen yang juga sesuai. Untuk itu, perusahaan membutuhkan apa yang dinamakan akuntansi manajemen. Apa itu akuntansi manajemen?

RA Supriyono menjelaskan akuntasi manajemen berdasarkan Management Accounting Practices (MAP) komite yang dibentuk oleh National Association of Accountants (NAA) yakni, bahwa akuntansi manajemen ialah suatu proses identifikasi, pengukuran, pengumpulan data, analisis, penyiapan, dan komunikasi informasi finansial yang digunakan manajemen untuk sebuah perencanaan, evaluasi, pengendalian dalam suatu organisasi atau peusahaan, serta menjamin ketepatan penggunaan sumber dan pertanggungjawaban atas segala sumber tersebut.

Sementara itu, menurut Halim dan Supomo (2000) akuntansi manajemen merupakan kegiatan atau proses yang menghasilkan informasi dengan bentuk keuangan bagi manajemen, berguna dalam pengambilan keputusan ekonomi dalam menjalankan fungsi manajerial.

Lalu apa saja fungsi-fungsi yang dapat perusahaan dapatkan dengan adanya akuntansi manajemen ini? Yuk, simak di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Fungsi Akuntansi Biaya yang Perlu Kamu Tahu!

Sumber Keuangan yang Relevan

Fungsi pertama dari akuntansi manajemen ini ialah untuk menyediakan data-data keuangan yang valid. Sebab, nantinya, laporan dari sana yang akan dijadikan sumber data baik dalam perencanaan anggaran ke depan maupun action-nya.

Nah, jika laporan akuntansi terbentuk maka bisa dapat dijadikan sebagai dasar biaya operasional perusahaan. Tentunya harus divalidasi terlebih dahulu atas dasar kesepakatan bersama antara internal dan eksternal perusahaan.

Alat Analisis dalam Pengambilan Keputusan

Fungsi selanjutnya ialah sebagai alat analisis untuk mengambil suatu keputusan baik keputusan yang berhubungan dengan data kualitatif maupun data kuantitatif. Akuntansi sendiri sangat dibutuhkan karena terdapat informasi data yang penting bagi perusahaan. Terutama yang berhubungan dengan strategi kepemimpinan selanjutnya yang tentunya harus bersandar pada data perusahaan yang valid.

Baca Juga: 3 Prospek Kerja Lulusan Sarjana Akuntansi

Alat Kontrol Kinerja Perusahaan

Data keuangan juga dapat dijadikan sebagai dasar pengawasan. Selayaknya tanggung jawab manajemen pada umumnya, akuntansi manajemen juga berfungsi dalam mengawasi aktivitas perusahaan, dan dilakukan sebatas untuk mendapatkan bahan evaluasi.

Melalui pengawasan ini, dapat terlihat apakah sebuah strategi membuahkan hasil, terhenti, atau tidak berkembang. Tak hanya itu, adanya evaluasi dengan basis akuntansi manajemen mampu menentukan langkah yang bisa diambil selanjutnya, seperti perkiraan penjualan pada periode berikutnya akan menjadi lebih baik ketimbang sekarang atau tidak.

Sistem Informasi bagi Pihak Eksternal

Fungsi terakhir adanya akuntansi manajemen ini yakni, pemberlakuan akuntansi manajemen dapat dilakukan untuk seluruh unsur pada unit perusahaan atau bisnis, entah itu unsur internal ataupun unsur eksternal, seperti, investor, pemegang dana, dan sebagainya. Oleh karenanya, laporan finansial menjadi bagian penting akuntansi manajemen, maupun non manajemen praktis sebab adanya pertanggungjawaban pihak perusahaan pada pihak stakeholder terkait.

Nah itu tadi 4 Fungsi Akuntansi Manajemen yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Lulusan Akuntansi Kerja di Bagian Apa?


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar