Ini 3 Alasan Mengapa Karyawan Perlu Dievaluasi!
Siker.id | 04 Aug 2022 14:08


Bagikan ke
Alasan mengapa karyawan perlu dievaluasi (siker)

siker.id – Bila kamu adalah staf HRD suatu perusahaan, pastinya kamu sering menangani karyawan. Tentunya, hal ini memiliki kaitan dengan evaluasi kinerja karyawan. Apa itu evaluasi kinerja karyawan?

Evaluasi kinerja karyawan adalah salah satu kebijakan perusahaan dalam mengelola sumber daya manusia yang dimiliki. Maksudnya, evaluasi tersebut digunakan untuk menilai apakah kinerja para karyawan sudah sesuai dengan standar dan kebutuhan perusahaan atau belum.

Terlebih, setiap karyawan punya tanggung jawab, tugas, dan cara bekerja yang berbeda-beda. Untuk itulah, diperlukan evaluasi kinerja karyawan secara menyeluruh dan diharapkan nantinya evaluasi tersebut memberikan feedback yang membangun kepada para karyawan tersebut.

Evaluasi karyawan dinilai penting untuk perusahaan khususnya oleh bidang SDM/ Sumber Daya Manusia karena kembali lagi, evaluasi ditujukkan sebagai perbaikan berkesinambungan kinerja karyawan yang berimbas pada performa perusahaan.

Lalu, apa saja alasan lain mengapa para karyawan perlu dievaluasi? Simak di bawah ini!

Baca Juga: 4 Tips Mengatasi Heterogenitas Karyawan

Identifikasi Kebutuhan Pelatihan & Pengembangan Karyawan

Melalui evaluasi, perusahaan dapat mengetahui lebih dalam apa saja kelebihan dan kelemahan karyawan, juga aspek yang perlu dipertahankan, diperbaiki, maupun dikembangkan lebih lanjut. Dari data tersebut perusahaan dapat mengidentifikasi apa saja kebutuhan pengembangan dan pelatihan karyawan.

Penyelenggaraan program pengembangan dan pelatihan sangat penting untuk mendorong kinerja karyawan. Tidak hanya memperluas wawasan, tetapi juga mengasah berbagai keterampilan yang berdampak positif bagi pengembangan karier karyawan. Setelah mengikuti program tersebut, perusahaan tentu berharap karyawan bersedia memberikan kontribusi maksimal sehingga kinerja perusahaan pun meningkat.

Instrumen untuk Perlindungan Hukum Perusahaan

Hasil evaluasi kinerja juga bisa menjadi dasar pemutusan hubungan kerja. Situasi tersebut dapat terjadi jika karyawan melakukan kesalahan fatal, melanggar peraturan, tidak memenuhi kewajiban, atau mempunyai masalah lain yang berdampak negatif pada perusahaan.

Memastikan hasil evaluasi kinerja tersimpan rapi dalam dokumen penting untuk dilakukan. Dokumen tersebut akan menjadi instrumen penting yang bisa memberikan perlindungan hukum pada perusahaan. Ketika ada mantan karyawan datang menggugat perusahaan, perusahaan bisa memakai dokumen bersangkutan sebagai bukti sah untuk kebijakan yang telah diambil sebelumnya.

Baca Juga: 3 Tips Menjadi Karyawan Berprestasi Di Kantor

Perbaikan Pola Kerja yang Sesuai

Evaluasi kerja juga dapat digunakan untuk melakukan perbaikan pola kerja yang dirasa tidak sesuai dengan standar ketetapan dari perusahaan atau untuk mendapatkan pola kerja baru bagi karyawan yang lebih efektif dan efisien. Misalnya, pekerjaan yang biasanya dilakukan dalam jangka waktu 2 bulan ternyata setelah dievaluasi bisa diselesaikan dalam waktu 5 minggu dengan aturan dan pola kerja yang baru.

Nah itu tadi 3 Alasan Mengapa Karyawan Perlu Dievaluasi yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Jenis Pelatihan Karyawan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian