4 Pertimbangan Penting Sebelum Kamu Dimutasi Kerja!
Siker.id | 04 Aug 2022 15:06


Bagikan ke
Pertimbangan sebelum dimutasi kerja (siker)

siker.id – Kadangkala mutasi kerja karyawan dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan tanggung jawab baru bagi karyawan yang ditugaskan perusahaan. Mutasi tersebut diberlakukan biasanya karena perusahaan memiliki cabang di suatu tempat tertentu dan membutuhkan karyawan untuk menjalankan roda operasional perusahaan.

Jika tidak, perusahaan memang sedang membutuhkan pekerja yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang dinilai mampu meng-handle suatu proyek atau pekerjaan dengan spesifikasi tertentu. Bila kamu berada pada posisi ini, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum akhirnya kamu dimutasi oleh perusahaan atau instansimu.

Kamu juga bisa melakukan komunikasi dengan pihak perusahaan kamu terkait dengan mutasi yang akan kamu jalani. Lalu, apa saja pertimbangan penting yang dapat kamu lakukan sebelum kamu dimutasi? Cek, di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Cara Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja

Tanggung Jawab

Pada proses mutasimu, bisa saja posisi atau jabatanmu tidak sama persis dengan yang sekarang. Bisa jadi tanggung jawabmu akan berubah sesuai dengan kebutuhan divisi yang baru.

Maka dari itu, penting untuk mencari tahu struktur organisasi dan posisi yang ada di tempat baru. Bila posisi di sana tetap seperti sebelumnya, cari tahu apakah tanggung jawabnya juga sama? Hal ini penting karena berkaitan langsung dengan jobdesc yang nantinya akan kamu emban.

Jenjang Karir

Sebelum memutuskan untuk minta mutasi ke divisi atau anak perusahaan lain, jenjang karir juga harus menjadi pertimbangan kamu. Coba lihat terlebih dahulu apakah di tempat yang baru jenjang karirnya lebih baik, atau malah sebaliknya? Apakah kenaikan karir di sana sesuai dengan keinginanmu atau tidak? Hal itu patut kamu pertimbangkan, ya, sobat siker.

Baca Juga: Ingin Kerja di Luar Negeri? Begini Caranya!

Peluang Berkembang

Kamu bisa mempertimbangkan sejauh mana divisi atau anak perusahaan ini dapat mendukung kemampuanmu. Sebab, perkembangan diri tentu saja penting bagi karirmu. Kamu dapat menanyakan kepada perusahaanmu terkait apakah disediakan training berkala atau apakah akan ada evaluasi kinerja karyawan untuk memperbaiki diri? Hal tersebut dapat kamu tanyakan sebelum kamu memutuskan untuk melakukan mutasi.

Lokasi Kerja

Kamu juga perlu mempertimbangkan hal ini. Kamu bisa mempertimbangankan dengan apakah lokasi pekerjaan tersebut lebih jauh dari yang sekarang? Bila jaraknya sama saja, kamu juga bisa pertimbangkan dari segi akses dan keramaian lokasi kantor baru.

Selain itu, jika lokasi kerja yang baru membuatmu harus pindah ke luar kota, kamu juga harus mencari tempat tinggal baru. Mana yang lebih efektif dan membuatmu nyaman? Jika memang sudah mempertimbangkan jarak dan akses ke lokasi, kamu bisa mengajukan permohonan mutasi.

Nah itu tadi 4 pertimbangan penting sebelum mutasi kerja yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tips Jaga Mental Health Saat Cari Kerja


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar
Pencarian