Catat! 4 Hal Penting Ketika Melamar Perusahaan Startup
Siker.id | 04 Aug 2022 16:27


Bagikan ke
Hal penting ketika melamar perusahaan startup (siker)

siker.id – Saat ini pekerjaan yang berhubungan dengan dunia digital nampaknya menjadi menarik di mata masyarakat. Banyak orang berlomba-lomba bekerja di perusahaan-perusahaan berbasis teknologi seperti startup. Dikutip dari Niagahoster, perusahaan startup merupakan perusahaan rintisan yang sedang dalam tahap pengembangan. Baik pengembangan dalam produk, pelayanan, pangsa pasar, model bisnis, dll.

Berbeda dengan perusahaan biasa yang mengeluarkan produk sesuai permintaan pasar. Apa yang diproduksi oleh startup, baik berupa barang maupun layanan, lebih menyoroti masalah yang ada di pasar. Hal ini membuat produk startup menjadi solusi bagi sebuah masalah yang dirasakan oleh banyak orang. Itu mengapa startup dikenal dengan problem solver dan memiliki ciri khas memecahkan masalah menggunakan teknologi.

Contohnya masalah kesehatan, orang-orang bisa menggunakan layanan kesehatan online tanpa perlu datang ke rumah sakit. Dengan gawai, mereka bisa berkonsultasi dengan dokter secara daring tanpa perlu bertemu langsung.

Tak dapat dipungkiri, banyak orang ingin bekerja atau mendirikan sebuah perusahaan startup. Para kawula muda saat ini menjadi generasi yang memiliki minat tinggi pada perusahaan startup. Sebab, perusahaan stratup cenderung dinamis dan mengandalkan teknologi dalam bisnis mereka. Kedua hal inilah yang mampu menarik minat para kaum muda tersebut.

Lalu, apa saja hal yang harus diperhatikkan jika kamu ingin melamar di sebuah perusahaan startup? Berikut beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikkan, ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Persyaratan untuk Dapat Bekerja di Startup

Keinginan Belajar yang Kuat

Keberadaan startup yang tidak bisa dijamin umurnya merupakan salah satu alasan para rekruter lebih mencari kandidat dengan keinginan besar untuk belajar. Bisa saja untuk menghadapi persaingan pasar perusahaan startup harus mengubah workflow atau melakukan efisiensi. Jika kamu tidak siap untuk belajar hal baru dan mau menerima banyak informasi, akan sulit bagi kamu untuk berfungsi dengan optimal di sebuah perusahaan startup.

Mampu Beradaptasi & Fleksibel

Ritme kerja di bidang startup tentu berbeda dengan dunia korporat. Sistem bisnis dalam industri startup sendiri berkembang dengan sangat cepat dan rentan mengalami perubahan, baik yang bersifat minor maupun mayor.

Hal ini pada akhirnya jelas menuntutmu untuk bersikap lebih fleksibel terhadap perubahan serta dituntut cepat beradaptasi di dalamnya. Sisi fleksibilitas pun akhirnya berpengaruh pada urusan jam kerja dan lokasi di mana kamu bekerja.

Baca Juga: 3 Tips Meniti Karir Di Perusahaan Startup

Selalu Mempunyai Inisiatif

Cara agar sukses kerja di startup selanjutnya yakni, memiliki inisiatif yang tinggi. Hal ini karena sistem birokrasi yang lebih terbuka dan tentunya membutuhkan inisiatif dan ide-ide yang kreatif juga.

Jangan ragu untuk insiatif bertanya dengan rekan kerjamu apabila ada kesulitan yang dialami saat melaksanakan job desc. Bekerjalah lebih agar tetap mendapatkan hasil memuaskan dan menunjukkan integritasmu.

Passion yang Tinggi

Melengkapi karakter diri yang penuh dengan greget dalam bekerja, pasti akan lebih baik hasilnya jika dijalankan dengan passionate. Bila kamu pernah magang di perusahaan startup, ditambah lagi dengan bidang yang memang kamu sukai dan sudah pernah mencoba masuk ke dalamnya, akan lebih besar lagi kemungkinan kamu direkrut.

Nah itu tadi 4 Hal Penting Ketika Melamar Perusahaan Startup yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Langkah Dapatkan Investor Startup


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar