4 Alasan Pentingnya Audit dalam Perusahaan!
Siker.id | 03 Aug 2022 15:08


Bagikan ke
Alasan pentingnya audit dalam perusahaan (siker)

siker.id – Perusahaan membutuhkan kestabilan dan keamanan dalam aspek keuangan mereka. Untuk itu, perusahaan biasanya melaksanakan audit untuk mewujudkan kesehatan perusahaan pada bidang keuangan mereka.

Proses audit merupakan cara terbaik menjamin kewajaran dan kebenaran laporan keuangan suatu perusahaan. Audit bukan semata mencari-cari kesalahan atau kecurangan. Tetapi, audit bertujuan memastikan kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi yang berlaku dan memberikan pandangan secara objektif terkait kondisi perusahaan terkini.

Selain itu, proses ini adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa seluruh aset perusahaan berada pada posisi yang aman dan bebas dari ancaman yang berasal dari luar ataupun dalam perusahaan itu sendiri.

Lalu, mengapa audit ini penting dalam suatu perusahaan? Yuk, simak alasannya di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: Beberapa Jenis Prosedur Audit di Perusahaan

Wujud Review Organisasi

Audit memungkinkan perusahaan menyelami lebih dalam seluk beluk bisnis selama ini. Perspektif auditor yang independen memberi pemahaman berbeda tentang bisnis yang dijalani. Temuan auditor dapat mengidentifikasi mana bagian sistem atau prosedur yang bisa ditingkatkan, maupun bagaimana menciptakan peluang memikat calon investor.

Bahkan, bekerja sama dengan auditor eksternal yang berpengalaman dengan klien serupa perusahaan bisa menghasilkan lebih banyak pandangan tentang mengelola bisnis, kesempatan berkembang, hingga risiko yang mungkin muncul di kemudian hari.

Meminimalisasi Risiko Penyelewengan

Audit juga dapat mengidentifikasi aktivitas penyelewengan atau penipuan yang terjadi dalam internal perusahaan. Berkat proses audit, kamu bisa tahu apa kelemahan sistem yang selama ini membuat perusahaan merugi. Bukan tidak mungkin ditemukan pula staf yang terlibat dalam praktik kecurangan tersebut.

Dari hasil tersebut, kamu akan memperoleh rekomendasi bagaimana memperbaiki atau mencegah terjadinya hal serupa berulang lagi.

Baca Juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan

Menunjukkan Diri sebagai Perusahaan yang Taat Hukum

Proses audit internal adalah salah satu peraturan yang harus dijalankan oleh setiap perusahaan. Keberlangsungan proses ini akan menjadi salah satu cara untuk memastikan bahwa setiap aspek dari perusahaan telah sesuai dengan peraturan yang ada.

Audit internal juga merupakan bentuk persiapan perusahaan sebelum dilakukannya audit eksternal. Sebuah perusahaan yang telah lulus proses audit internal dan juga eksternal akan memiliki nilai lebih di mata klien dan konsumen.

Objektivitas

Auditor harus memberikan pendapat yang objektif mengenai aspek yang sedang diamati. Oleh karena itu, pelaksana audit internal harus berasal dari luar departemen yang bersangkutan dan tidak boleh memiliki kewajiban atau tanggung jawab kerja di tempat tersebut.

Dengan begitu, pelaksana audit internal akan mampu bersikap independen dan tidak bias dalam melakukan proses audit untuk kebaikan perusahaan itu sendiri.

Nah, itu tadi 4 Alasan Pentingnya Audit dalam Perusahaan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tujuan Manajemen Keuangan yang Perlu Kamu Tahu!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar
Pencarian