3 Tips Menentukan Tujuan Karir
Siker.id | 03 Aug 2022 14:10


Bagikan ke
Tips menentukan tujuan karir (siker)

siker.id – Jenjang karir sangatlah terbuka lebar pada masa depan. Setiap pekerja tentu memiliki harapan agar karir mereka mendulang kesuksesan. Namun, untuk mencapai itu semua, kamu perlu memiliki perencanaan karir yang jelas dan terukur.

Memang, terkadang kita tidak bisa menentukan dimana kita akan bekerja, dengan siapa kita bekerja, atau pekerjaan apa yang akan kita kerjakan. Tapi, kamu bisa lho merencanakan karir kamu sejak dini supaya kamu lebih matang dan siap ketika kamu menjalani karirmu.

Untuk itulah kamu perlu menentukan tujuan karirmu terlebih dahulu. Dilansir dari website CFI, tujuan karier adalah pernyataan yang terdefinisi dengan baik yang menjelaskan profesi yang ingin dikejar seseorang sepanjang karirnya.

Lalu, apa saja tips yang dapat kamu lakukan dalam menentukan tujuan karirmu? Yuk, simak di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Tips Sukses Karir

Memahami Tujuan dari Awal

Dalam berkarir memahami tujuan berkarir dapat membantumu memiliki kehidupan profesional yang lebih terarah. Kamu semakin mengerti pentingnya keseimbangan antara kehidupan sehari-hari dan pekerjaan, proyek yang dapat membuatmu berkembang, serta hal lain seputar dunia kerja.

Dengan melakukan ini, tentu akan membantumu menentukan apa yang sebenarnya kamu inginkan dari sebuah pekerjaan. Saat kesempatan kerja kembali datang, kamu telah mampu memilih jenis pekerjaan apa yang paling sesuai dengan tujuan kariermu di masa depan.

Tentukan Timeline

Penting untuk menentukan timeline dan batas waktu ini supaya kamu dapat bertindak secara efektif. Apabila kamu mengalami kegagalan, maka kamu bisa segera melakukan evaluasi. Dengan adanya evaluasi tersebut, maka kamu bisa mengetahui penyebab dari kegagalan tersebut. Ada baiknya dalam menentukan timeline disesuaikan dengan kemampuan diri.

Baca Juga: 3 Tips Risk Taking Untuk Karir Melejit

Berkomitmen Tinggi

Dalam mencapai tujuan karir, pasti butuh disiplin dan komitmen untuk menjalani tahapan demi tahapan baru sebagai jalan untuk sampai ke tujuan karir.

Untuk bisa berkomitmen, tentu tujuan karir harus jelas dulu. Tujuan yang kamu susun harus diperlakukan layaknya usaha dalam mendapatkan barang berharga yang sangat penting. Kalau kamu ingat, di awal tahun saat penilaian kerja di kantor ada format goal setting yang harus diisi dan diketahui oleh atasan. Hal ini merupakan salah satu cara agar mudah menentukan tujuan karir dan memantau komitmen kamu untuk mencapainya.

Nah, itu tadi 3 Tips Menentukan Tujuan Karir yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Skill Penting Untuk Karir Di Bidang Keuangan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar