3 Manfaat SOP bagi Perusahaan!
Siker.id | 02 Aug 2022 14:05


Bagikan ke
Manfaat SOP bagi perusahaan (siker)

siker.id – Pada suatu perusahaan pastinya terdapat aturan main bagaimana perusahaan bekerja. Aturan tersebut biasanya disebut dengan SOP (Standar Operasional Prosedur).

Menurut Tjipto Atmoko (2011) SOP dapat dijelaskan sebagai suatu pedoman untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah maupun non-pemerintah, usaha maupun non-usaha, berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif, dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

Sementara, menurut Sailendra (2015), SOP adalah sebuah panduan yang bertujuan memastikan pekerjaan dan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan berjalan dengan lancar.

Dengan kata lain, Standar Operasional Prosedur adalah suatu panduan atau prosedur kerja sistematis yang bertujuan untuk menciptakan standardisasi guna memudahkan para pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan dan meminimalisir kesalahan.

Lalu apa saja manfaat dari adanya SOP bagi sebuah perusahaan? Simak di bawah ini ya, sobat siker.

Baca Juga: 3 Aturan Menggunakan HP di Tempat Kerja

Sebagai Pedoman dalam Bekerja

Adanya SOP kerja ini, karyawan akan memahami apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang tidak boleh dilakukan dalam jam-jam kerja mereka. Hal ini tentunya akan membuat para karyawan menjadi lebih disiplin dalam urusan kerja. Hal ini juga akan membentuk standarisasi tersendiri dalam proses produksi yang dilakukan dan barang atau jasa yang dihasilkan oleh karyawan perusahaan tersebut.

Mempermudah Mengawasi Tim Kerja

Para staf pengawas perusahaan akan mudah mengontrol produk atau jasa yang telah dihasilkan oleh karyawan atau anggota timnya dengan adanya SOP ini. Jika ditemukan proses atau produk yang tidak sesuai, maka pihak yang bersangkutan dalam pengecekan tentunya akan lebih mudah mencari tim atau karyawan mana yang harus bertanggung jawab.

Baca Juga: Berikut Beberapa Aturan dalam Mengoper Pekerjaan

Memudahkan Pekerjaan

Tidak bisa dipungkiri, hal ini akan sangat membantu kegiatan operasional perusahaan dan mempermudah pegawai dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Dengan SOP, seluruh aktivitas perusahaan menjadi teratur dan tertib. Para pegawai tahu apa tugas mereka, apa yang tidak boleh dilakukannya, dan apa yang harus dilakukannya.

Nah, itu tadi 3 Manfaat SOP bagi Perusahaan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tips Cepat Adaptasi Di Kantor Baru


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar