Ini Dia Efek Samping Multitasking Work!
Siker.id | 02 Aug 2022 13:00


Bagikan ke
Efek samping multitasking work (siker)

siker.id – Kamu pasti sering mendengar mengenai istilah multitasking ini. Multitasking biasanya dikaitkan dengan pekerjaan. Pengertian multitasking sendiri ialah gabungan dari kata multi dan tasking pada bahasa Inggris, dimana multi artinya “banyak” dan tasking artinya “pengerjaan tugas”. Dengan demikian, multitasking adalah pengerjaan dua tugas atau lebih secara bersamaan atau bergantian.

Sebenarnya berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain bisa juga disebut dengan task switching, istilah tersebut memiliki arti yang sama dengan multitasking. Bekerja secara multitasking kadang dapat dikatakan sebagai hal yang produktif. Namun, di lain sisi hal tersebut juga memiliki efek samping yang harus diperhatikan.

Penasaran, apa saja efek samping bekerja multitasking? Yuk, simak di bawah ini ya!

Baca Juga: 3 Dampak Negatif Dari Multitasking Pada Karyawan

Menurunkan Produktivitas

Multitasking mungkin dapat menurunkan performa dan produktivitas kamu. Hal itu dapat disebabkan karena konsentrasi dan fokus kamu akan terpecah dan menjadikan performa kamu menurun. Terlebih, ada peluang kamu membuat sebuah kesalahan dan mengharuskan kamu mengulang pekerjaanmu.

Menambah Stres

Pekerjaan multitasking membutuhkan kapasitas otak dan energi yang lebih besar. Mengerjakan dua pekerjaan sekaligus berarti beban kerja yang ditanggung juga lebih banyak. Beban kerja yang lebih besar itu dapat membuat orang lebih lelah serta meningkatkan stres. Multitasking bisa membuat seseorang kewalahan, bahkan mengakibatkan burnout.

Baca Juga: 3 Kelemahan dari Kerja Multitasking

Mengganggu Daya Ingat

Ternyata, kamu juga harus berhati-hati dalam multitasking lho. Multitasking dapat memberikan impact yang negatif terhadap daya ingat kamu. Dalam mengerjakan dua pekerjaan atau lebih, daya ingat kamu dapat terpengaruh. Hal ini terjadi karena kemampuan kamu untuk memperhatikan detail-detail penting terhambat saat multitasking.

Menurunnya Efektivitas

Efek samping lain dari multitasking yakni, kurangnya efektivitas. Apabila ternyata kamu berhasil melakukan dua tugas dalam satu waktu, hasil dari pekerjaan itu sering kali tak maksimal.

Karena kamu tidak berkonsentrasi penuh pada satu pekerjaan, pikiranmu jadi terpecah. Otomatis, daya fokusmu juga menurun. Menurunnya fokus inilah yang menurunkan kualitas dan pekerjaanmu.

Nah, itu tadi Efek Samping Multitasking Work yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut ini Cara Menghentikan Kebiasaan Multitasking


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar