Ingin Kerja di Luar Negeri? Begini Caranya!
Siker.id | 01 Aug 2022 16:30


Bagikan ke
Cara bekerja di luar negeri (siker)

siker.id – Setiap individu tentu memiliki cita-cita dalam hidup. Ada yang ingin menjadi pengusaha sukses, musisi terkenal, illustrator jempolan, hingga seorang presiden. Tentu, mempunyai impian semacam itu adalah suatu keinginan yang baik asalkan kamu mampu menekuni usahamu agar impianmu itu tercapai.

Tak jarang pula, mungkin kamu atau teman kamu memiliki impian bekerja di luar negeri. Salah satu alasan bekerja di luar negeri tak lain dan tak bukan adalah pendapatan yang besar. Ya, faktor ini lah yang membuat orang tertarik untuk bekerja di sana.

Lalu, gimana saja cara agar bekerja di luar negeri? Simak caranya di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Hal yang Dirasakan Orang yang Kerja Luar Negeri

Riset Pekerjaan yang Kamu Incar

Pekerjaanmu adalah urusanmu. Maka dari itu, kamu perlu meriset pekerjaan apa yang akan kamu kerjakan ketika bekerja di luar negeri. Kamu bisa melakukan riset mengenai jobdesc pekerjaan, perusahaan yang diincar, budaya kerja, atau apapun itu yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Kamu harus tahu betul apa saja yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut sehingga ketika kamu bekerja, kamu sudah menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaanmu nantinya.

Lengkapi Skill dan Persiapkan Mental

Bekerja di luar negeri tentu berbeda dengan bekerja dalam negeri, keterampilan berbahasa Inggris menjadi syarat mutlak kamu bekerja di sana. Untuk itu, kamu perlu memiliki keterampilan yang komplit. Jangan sampai saat sudah diterima bekerja di sana ternyata skill kamu masih biasa-biasa saja dan kalah saing dengan kandidat lain.

Tanpa skill yang mumpuni, tentunya kamu akan sulit bertahan dalam pekerjaan. Itulah mengapa, pastikan terlebih dahulu jika skill yang kamu miliki memang sudah baik dan sesuai dengan standar perusahaan di luar negeri.

Selain itu, menyiapkan mental semenjak awal perlu dilakukan. Ketika bekerja di luar negeri pastinya akan mendapatkan budaya, cara kerja serta tentangan atau tekanan kerja yang berbeda sehingga kamu harus memahami dan memiliki mental baja.

Baca Juga: 4 Pertimbangan Sebelum Memutuskan Kerja di Luar Negeri

Cek Situs Lowongan Kerja Luar Negeri

Kamu harus sesering mungkin memantau beberapa situs yang memberikan informasi mengenai lowongan kerja di luar negeri. Pastikan bahwa situs tersebut merupakan situs resmi dan terpercaya agar kamu tidak tertipu.

Bila kamu dalam tahap pendekatan dengan perusahaan tersebut, kamu harus selalu aktif dalam jejaring sosial. Contohnya, pada aplikasi LinkedIn, kamu dapat melihat seperti apa perusahaan tempat kamu bekerja dan mengetahui siapa saja yang bekerja di perusahaan tersebut.

Biaya

Biaya menjadi modal utama saat kamu bekerja di luar negeri. Tentunya dibutuhkan biaya hidup yang tidak sedikit. Biaya yang biasanya dikeluarkan adalah biaya pengurusan visa, tempat tinggal, kebutuhan sehari-hari, hingga asuransi perjalanan. Belum lagi biaya yang tak terduga lainnya.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk bekerja di luar negeri, pastikan kamu sudah mempersiapkan biaya yang diperlukan, ya sobat siker!

Nah, itu tadi cara bekerja di luar negeri yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Apa Untungnya Menjadi Seorang Pegawai Negeri?


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar