4 Tips Mengatasi Heterogenitas Karyawan
Siker.id | 01 Aug 2022 16:01


Bagikan ke
Tips mengatasi heterogenitas karyawan (siker)

siker.id – Lingkungan pekerjaan tentu memiliki kompleksitasnya baik dari segi eksternal maupun internal perusahaan. Termasuk aspek internal perusahaan yakni, sumber daya manusia perusahaan.

Setiap sumber daya manusia atau SDM suatu perusahaan mempunyai dinamika yang berbeda. Budaya kerja, hubungan karyawan, dan pola komunikasi karyawan pasti berbeda.

Untuk itulah, perusahaan harus mampu memperhatikkan dan mengelola perbedaan-perbedaan yang ada dalam perusahaan. Ketika perusahaan mampu mengatur karyawannya dengan baik, maka produktivitas pekerjaan akan semakin baik pula.

Lalu, bagaimana cara agar mampu mengelola heterogenitas karyawanmu? Yuk, simak tipsnya di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Jenis Pelatihan Karyawan

Perhatikkan Karakteristik Pekerja

Kamu bisa melakukan riset mengenai karyawanmu terlebih dahulu. Kamu dapat melakukan riset dari latar belakang, etos kerja hingga pandangan karyawan dalam melakukan suatu pekerjaan.

Kadang kala, permasalahan bisa saja terjadi karena perbedaan-perbedaan yang ada. Untuk itu, pelajari karakter karyawan sesuai dengan bidang kerja. Bila pengelolaan keragaman karyawan dilakukan dengan baik, maka perusahaan tentu akan mendapatkan keuntungan.

Dengan begitu, perusahaan tahu apa yang harus dilakukan jika terjadi konflik tanpa harus menimbulkan masalah lain yang bertentangan dengan karakteristik karyawan.

Membangun Komunikasi

Hal yang penting dalam perusahaan adalah komunikasi. Terkadang terdapat masalah dalam berkomunikasi yakni, persepsi bahasa dan budaya. Perusahaan perlu mengatasi hal tersebut agar tercipta komunikasi yang baik.

Jika komunikasi di lingkungan kerja berjalan baik, maka pemimpin dapat dengan mudah menyampaikan instruksi, informasi, dan melakukan evaluasi hasil kerja karyawan.

Baca Juga: 3 Tips Menjadi Karyawan Berprestasi Di Kantor

Terbuka terhadap Keragaman Karyawan

Perusahan perlu mengembangkan sikap keterbukaan di lingkungan kerja dan mendorong karyawan untuk dapat mengungkapkan pendapat dan ide mereka. Sebab, perusahaan membutuhkan strategi khusus agar budaya keragaman dapat efektif menembus setiap departemen, tiap divisi, dan fungsi organisasi perusahaan.

Selain itu, berikanlah nilai yang sama dan hargai setiap pendapat karyawan yang ada. Karyawan dapat berbagi beragam sudut pandang berdasarkan pengalaman dan ide mereka. Ini penting untuk dapat mengembangkan strategi bisnis perusahaan.

Terapkan Sistem Rekrutmen yang Transparan

EEO (Equal Employment Opportunity) atau sistem rekrutmen terbuka akan menciptakan kesetaraan dalam kerja. Dengan menerapkan sistem tersebut, tidak akan ada perbedaan golongan dalam menentukan keputusan perekrutan tenaga kerja.

EEO akan membantu perusahaan dalam melakukan penilaian berdasarkan kualifikasi kandidat, wawancara, kompetensi, standar kelulusan, dan penilaian kerja lainnya. Hal ini dapat menciptakan budaya kerja yang kondusif, komprehensif, dan terukur.

Nah, itu tadi 4 Tips Mengatasi Heterogenitas Karyawan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 8 Jenis Hak-Hak Karyawan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar