4 Tujuan Performance Management!
Siker.id | 01 Aug 2022 15:00


Bagikan ke
Tujuan performance management (siker)

siker.id – Bagi para HRD mungkin sudah tidak asing lagi ya dengan istilah performance management atau manajemen kinerja. Untuk kamu yang belum tahu apa itu manajemen kinerja, manajemen kinerja atau performance management adalah proses mengamati dan mengarahkan pencapaian seorang karyawan di tempat kerja.

Sebagai alternatif dari sistem penilaian karyawan standar, manajemen kinerja mengambil pandangan yang lebih komprehensif tentang pekerjaan tim kamu.

Lalu, apa saja tujuan diterapkan manajemen kinerja ini dalam suatu perusahaan? Simak di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: Pahami 3 Tingkatan Manajemen Ini!

Menentukan Standar Kinerja

Standar kinerja dalam suatu perusahaan pasti berbeda menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Dengan menetapkan standar kerja sesuai, hal ini akan membantu para HRD mempersiapkan rencana kerja yang sesuai terhadap para staf.

Selain itu, performance management ini dapat mempermudah dalam proses evaluasi kerja, apakah karyawan dapat melampaui standar tersebut atau bahkan tidak menyanggupi standar yang telah diberikan oleh perusahaan.

Mengembangkan Program HRD

Manajemen kinerja juga digunakan untuk mengembangkan tenaga kerja staf perusahaan. Dengan adanya program training bagi para karyawan, hal ini akan mendorong karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan ekspektasi perusahaan. Program pelatihan ini juga akan membantu karyawan untuk memiliki kemajuan dalam karirnya.

Baca Juga: 4 Manfaat Sistem Informasi Manajemen untuk Kamu Ketahui!

Memperlancar Komunikasi Tim

Manfaat lain dari adanya manajemen kinerja yakni, untuk memperlancar komunikasi dalam suatu tim kerja. Jika manajemen kerja berjalan sesuai dengan perusahaan, maka sesama karyawan dapat saling bekerja sama agar menyelesaikan hasilnya dengan maksimal.

Tidak hanya memperlancar komunikasi tim saja namun juga dapat meningkatkan sistem komunikasi dua arah antara pihak manajemen dan karyawan.

Menetapkan Ekspektasi Kinerja antara Karyawan & Atasan

Performance Management dapat membantu para staf dalam mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan kerja yang ia perlukan agar dapat melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien. Hal ini pun memiliki fungsi agar karyawan tidak miskomunikasi saat melaksanakan pekerjaaannya.

Dengan diterapkannya sistem manajemen kinerja, maka mereka akan tahu persis apa harapan dari pekerjaan mereka dan akan lebih mudah bagi mereka untuk memanfaatkan waktu dengan bijak.

Nah, itu tadi 4 Tujuan Performance Management yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Prinsip Manajemen Wajib Diterapkan Dalam Bisnis


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar