3 Manfaat Istirahat Seusai Bekerja Keras!
Siker.id | 01 Aug 2022 13:00


Bagikan ke
Manfaat istirahat seusai bekerja keras (siker)

siker.id – Saat kamu terlalu bekerja dalam intensitas tinggi, biasanya kamu akan merasa cepat lelah. Apalagi, bila kamu bekerja tanpa ada jeda atau istirahat, tentu akan membuat tenagamu semakin berkurang.

Janganlah terlalu memforsir tubuhmu, tubuhmu juga perlu istirahat. Ibarat baterai smartphone, semakin lama kamu gunakan tentu dayanya akan semakin menurun dan pada akhirnya smartphone harus segera di-charge agar memperoleh daya lagi.

Begitu pula dengan tubuhmu, jadi kamu harus pastikan bahwa kamu mendapatkan istirahat yang cukup setelah seharian bekerja ya, sobat siker. Lalu, apa saja sih manfaat beristirahat yang akan kamu dapat? Simak di bawah ini ya.

Baca Juga: 3 Cara Memanfaatkan Istirahat Makan Siang

Mengurangi Stres

Melalui publikasi CDC, National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) melaporkan bahwa pengeluaran untuk biaya perawatan kesehatan lebih tinggi 50 persen untuk pekerja yang memiliki tingkat stres tinggi.

Hal itu dikarenakan stres membawa imbas negatif pada kesehatan fisik dan mental termasuk jika kamu kurang beristirahat. Maka dari itu, kamu harus beristirahat agar tingkat stresmu berkurang.

Memperbaiki Mood

Selain mengurangi tingkat stres, istirahat dapat memperbaiki mood yang hilang. Dengan Istirahat, tentu akan mengembalikan gairah dan menghilangkan kantuk yang menyergap. Apabila kurang istirahat, kita kamu akan kehilangan semangat dan mood untuk melanjutkan aktivitas.

Baca Juga: 3 Game Asah Otak buat Jeda Istirahat Kerja

Proses Regenerasi Tubuh

Ternyata, beristirahat mampu membantu proses regenerasi tubuh. Penelitian dari University of Washington, AS, menjelaskan bahwa istirahat dalam bentuk minum, makan, dan tidur yang cukup, membantu tubuh untuk melakukan peremajaan dan pemulihan.

Ketika tidur, tubuh akan memproduksi ulang hormon-hormon yang kamu perlukan. Jika kamu kurang tidur, pertumbuhan hormon akan terhambat dan berdampak negatif bagi tubuh.

Nah, itu tadi 3 Manfaat Istirahat Seusai Bekerja Keras yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Alasan Perlunya Istirahat pada Akhir Pekan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar