Mengenali 5 Jenis Pemasaran
Siker.id | 29 Jul 2022 14:05


Bagikan ke
Jenis pemasaran (siker)

siker.id – Strategi pemasaran saat ini mengalami perkembangan yang pesat. Bagaimana tidak? Perkembangan teknologi digital membuat segalanya menjadi fleksibel dan mudah. Dengan hanya memasarkan produk via website, sosial media tau e-commerce, kamu sudah bisa mendapatkan profit tanpa bersusah payah memasangkan banner atau baliho iklanmu di jalan raya.

Strategi ini biasa dikenal sebagai online marketing. Online marketing atau pemasaran secara daring ini adalah sistem pemasaran produk yang memanfaatkan sistem digital dan jaringan intenet. Penggunaan sistem online ini diharapkan mampu menjangkau lebih banyak orang. Sehingga produk yang dipasarkan akan lebih familiarkan dan menjaring lebih banyak konsumen yang potensial.

Menurut kamu, apa saja jenis pemasaran yang biasanya digunakan oleh para marketer? Yuk, simak di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: Kamu Perlu Tahu Fungsi Manajemen Pemasaran!

Iklan Siaran

Pada umumnya, iklan siaran akan menggunakan radio. Penggunaan radio sebagai sebuah media pemasaran ini merupakan salah satu jenis bentuk iklan berbayar yang cukup umum.

Dalam pemasaran menggunakan radio, suatu perusahaan memiliki potensi untuk mendapatkan para pelanggan. Sebab, para pendengar akan benar-benar mendengarkan apa yang diucapkan oleh si penyiar radio. Selain itu, jenis pemasaran ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan media TV. Tujuannya adalah untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas.

MLM (Multi-Level Marketing)

MLM adalah salah satu bentuk penjualan yang dilakukan secara langsung. MLM akan melibatkan banyak orang, dimana perusahaan akan merekrut serta menjual berbagai produk yang mereka miliki.

MLM juga dapat disebut dengan network marketing, karena tenaga penjualannya akan mendapatkan komisi dari produk yang berhasil dijual. Serta komisi penjualan yang akan diperoleh komisi penjualan dari para jaringannya.

Relationship Marketing

Pemasaran dengan menjalin hubungan baik dengan konsumen merupakan cara yang efektif untuk memasarkan produk. Analoginya saat loyalitas pelanggan telah terbangun, maka ketika perusahaan meluncurkan produk baru para pelanggan itu dengan sukarela akan membeli produk tersebut.

Baca Juga: 3 Kelebihan dari Strategi Pemasaran Endorse

Digital Marketing

Digital marketing mengoptimalkan semua sumber daya dan asetnya melalui online. Pemasaran digital memaksimalkan segala potensi yang ada di internet agar bisa mencapai target perusahaan. Selain itu, digital marketing juga cara yang efektif untuk membangun brand dengan biaya yang murah.

PR (Public Relation) Marketing

Tujuan dari PR marketing adalah agar mampu meningkatkan brand awareness atau kesadaran produk. Pemasaran ini dilakukan dengan cara membuat para konsumen atau pelanggan merasakan keuntungan dari produk perusahaan tersebut yang dimilikinya.

Nah, itu tadi 5 Jenis Pemasaran yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Jenis Teknik Pemasaran Direct Marketing


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar