Pahami Ciri Badan Usaha Firma Ini!
Siker.id | 28 Jul 2022 16:50


Bagikan ke
Ciri badan usaha Firma (siker)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id – Sudah tahukah kamu apa itu badan usaha firma? Firma merupakan sebuah bentuk badan usaha untuk menjalankan usaha antara dua orang atau lebih dengan memakai satu nama atau nama bersama yang digunakan bersama untuk memperluas usahanya atau sering juga disebut Fa.

Dikutip dari Manulang (1975) persekutuan dengan firma ialah sebuah persekutuan untuk menjalankan perusahaan dengan memakai nama bersama.

Terkait dengan pembagian kepemilikan, sebuah firma dipunyai oleh beberapa pihak atau perusahaan yang bersekutu dengan ketentuan masing-masing anggota persekutuan menyerahkan kekayaan pribadi sesuai yang tercantum dalam akta pendirian perusahaan.

Lalu, apa saja ciri-ciri firma ini? Simak di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Manfaat Struktur Organisasi Perusahaan!

Anggota Aktif Mengelola Perusahaan

Badan usaha firma ini pada umumnya mempunyai anggota yang aktif untuk mengelola suatu perusahaan. Hal ini dikarenakan setiap anggota memiliki tanggung jawab penuh atas perusahaan.

Tanggung Jawab Tak Terbatas

Apabila perusahaan memiliki utang yang harus segera dibayar, maka anggotanya harus siap menanggung kewajiban tersebut alias harus mampu mengeluarkan dana pribadinya untuk membayar utang tersebut.

Memiliki Bendera Perusahaan yang Sama

Badan usaha firma ini terdiri dari banyak anggota yang saling berpengaruh, maka dari itu nama dalam setiap kegiatan harus berasal dari nama yang telah anggota setujui bersama.

Baca Juga: 4 Manfaat Manajemen Risiko bagi Perusahaan

Laba & Rugi Terbagi Atas Jumlah Partisipasi

Seluruh kerugian maupun keuntungan terbagi secara proporsional sesuai keaktifan anggota. Setiap anggota berhak memperoleh pembagian laba persekutuan firma.

Jadi, seluruh ketentuan pembagian laba dan rugi ini harus tercantum secara rinci dalam akta pendirian badan usaha.

Mempunyai Jangka Waktu yang Terbatas

Secara umum, pendirian badan usaha firma ini memiliki umur yang terbatas. Maksudnya, firma akan bubar secara hukum apabila terdapat anggota yang keluar.

Tetapi, badan usaha ini dikategorikan masih beroperasi jika terdapat anggota baru yang bergabung.

Nah, itu tadi Ciri Badan Usaha Firma yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Awas! Ini 5 Penyebab Perusahaan Pailit


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian