3 Alasan Pentingnya Penganggaran!
Siker.id | 25 Jul 2022 13:00


Bagikan ke
Alasan penting penganggaran (siker)

siker.id – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), anggaran diartikan sebagai taksiran mengenai penerimaan dan pengeluaran kas yang diharapkan untuk periode yang akan datang. Di dalam lingkup manajemen usaha, anggaran juga dapat diartikan sebagai rencana penjatahan sumber daya yang dinyatakan dengan angka, biasanya dalam satuan uang.

Jadi, penganggaran adalah komitmen resmi manajemen yang terkait dengan harapan manajemen tentang pendapatan, biaya dan beragam transaksi keuangan dalam jangka waktu tertentu di masa yang akan datang.

Lalu, apa saja alasan penting bagi perusahaan untuk melakukan penganggaran? Ini dia jawabannya!

Baca Juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan

Menggambar Peta Tujuan

Dalam mencapai tujuannya, perusahaan harus merencanakannya pada langkah-langkah awal. Pada hal ini, penganggaran memainkan peran penting dalam memberikan sikap moneter terhadap rencana strategis yang dibuat oleh perusahaan, mencatat semua tujuannya untuk dicapai dalam periode tertentu.

Penganggaran yang tepat memungkinkan pemilik bisnis untuk menggambar peta tujuan yang menyediakan semua target dan pedoman perusahaan untuk mencapai mereka.

Baca Juga: 4 Manfaat Lembaga Keuangan untuk Kamu Pahami!

Perumusan Kegiatan

Diperlukan gambaran yang lebih besar dari semua aktivitas dan tugas yang dilakukan untuk menjalankan perusahaan bisnis dengan lancar dan menjaga keseimbangannya.

Penganggaran membantu merumuskan semua aktivitas di perusahaan dalam satu platform dan mengukur seberapa efektif dan efisien tugas-tugas ini dilakukan dalam hal aspek keuangan perusahaan.

Mengidentifikasi celah yang ada memungkinkan wirausahawan untuk berhati-hati dan waspada di masa depan melalui praktik terbaik penganggaran dan akuntansi.

Pengambilan Keputusan Menjadi Kredibel

Dengan memiliki dasar penganggaran yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan, ini akan mempermudah dalam memutuskan kebijakan bagi perusahaan.

Pengusaha atau pemilik bisnis, akan cenderung membuat keputusan yang lebih baik ketika menghadapi kesalahan sebelumnya sebab mereka memiliki pedoman yang kuat yakni, penganggaran yang jelas.

Penganggaran tersebut dapat mengacu pada kebutuhan yang dimiliki perusahaan. Setiap perusahaan tentu memiliki metode dan kebutuhan penganggaran yang berbeda.

Nah, itu tadi 3 Alasan Pentingnya Penganggaran yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Skill Penting Untuk Karir Di Bidang Keuangan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar