4 Tujuan Segmentasi Pasar bagi Bisnismu!
Siker.id | 22 Jul 2022 14:05


Bagikan ke
Tujuan segmentasi pasar (siker)

siker.id – Ketika kamu memulai bisnis, kamu harus tahu siapa target pasarmu. Apakah masyarakat kelas atas, menengah atau bawah? Untuk itu, kamu memerlukan strategi segmentasi pasar. Apa itu?

Segmentasi pasar adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk mengidentifikasi target pelanggan yang ingin dicapai dengan membagi kelompok konsumen berdasarkan karakteristik, perilaku, kebutuhan, demografi, prioritas ataupun minat pelanggan.

Apa tujuan adanya segmentasi pasar ini? Simak di bawah ini, ya!

Baca Juga: 4 Jenis Pasar Modal di Indonesia!

Meningkatkan Efektifitas Strategi Pemasaran

Melalui segmentasi pasar ini, strategi pemasaran sebuah perusahaan dapat menjadi lebih terarah. Hal ini disebabkan oleh pengelompokan masalah yang lebih spesifik sehingga dapat mengetahui strategi pemasaran yang cocok untuk masalah bisnis kamu.

Memahami Pesaing Bisnis

Tujuan adanya segmentasi pasar yaitu untuk mengenal pesaing atau kompetitor bisnismu lebih dalam. Dengan melakukan segmen pasar, kamu dapat melihat siapa target konsumen dan jumlah kompetitor yang ada di dalamnya.

Oleh karena itu, hal tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan strategi pemasaran yang sesuai untuk bisnismu. Kamu juga dapat mengikuti, mempelajari, atau menjadikan bahan evaluasi berbagai taktik pemasaran yang dimiliki oleh para pesaing untuk menarik minat beli pelanggan.

Baca Juga: 3 Tips agar Produk Tembus Pasar Internasional

Sebagai Bahan Perencanaan Bisnis dan Evaluasi

Segmentasi pasar juga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi ataupun perencanaan perusahaanmu. Kamu akan lebih mudah memahami dan mempelajari setiap strategi pemasaran yang telah dilakukan sehingga dapat membuat rencana bisnis dengan jelas dan terarah ke depannya.

Mengarahkan Strategi Pemasaran Lebih Baik

Dengan menggunakan segmentasi pasar, taktik pemasaran pasar homogen dapat lebih terarah, termasuk dalam penyusunan produk, harga, distribusi, dan promosi.

Ditambah lagi, dengan mengimplementasikan segmentasi pasar, sebuah perusahaan dapat menjadi lebih terarah termasuk dalam mengarahkan usaha dan dananya menuju pasar yg lebih menguntungkan.

Nah, itu tadi 4 Tujuan Segmentasi Pasar bagi Bisnismu yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Cara Mempromosikan Produk di Sosmed!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar