4 Manfaat Lembaga Keuangan untuk Kamu Pahami!
Siker.id | 21 Jul 2022 16:50


Bagikan ke
Manfaat lembaga keuangan (siker)

siker.id – Menyimpan uang di bank, mengasuransikan kesehatan di perusahaan asuransi, atau menginvestasikan dana di reksa dana adalah beberapa contoh aktivitas yang ada di lembaga keuangan. Apa itu lembaga keuangan?

Lembaga keuangan adalah suatu badan usaha atau institusi di bidang jasa keuangan yang bergerak dengan cara menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya untuk pendanaan serta dengan mendapatkan keuntungan dalam bentuk bunga atau persentase.

Meski demikian, kegiatan usaha lembaga ini dapat berupa penghimpunan dana saja, menyalurkan dana saja, atau keduanya sekaligus.

Dengan melakukan hal tersebut pada lembaga keuangan yang resmi, kalian bisa mendapatkan manfaatnya, lho! Penasaran? Simak di bawah ini ya!

Baca Juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan

Kemudahan Transaksi

Coba bayangkan apabila tidak ada lembaga keuangan yang tersedia dan seluruh urusan keuangan harus kamu tangani sendiri? Tentu ribet dan memakan waktu, bukan?

Oleh karenanya, salah satu manfaat penting lembaga keuangan adanya mempermudah seluruh transaksi keuangan yang dibutuhkan oleh masyarakat sehingga kamu bisa menghemat banyak waktu dan tenaga untuk mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan urusan keuangan.

Realokasi Pendapatan

Manfaat selanjutnya adalah lembaga keuangan ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk melakukan realokasi pendapatan.

Dengan begitu, dana yang disimpan di lembaga keuangan tersebut dapat digunakan sewaktu-waktu oleh nasabah.

Baca Juga: 5 Skill Penting Untuk Karir Di Bidang Keuangan

Manfaat Likuiditas

Maksud dari manfaat likuiditas ini yakni, kemampuan mendapatkan uang tunai saat diperlukan.

Oleh karena itu, tidak akan ada kekhawatiran terkait kurangnya ketersediaan uang tunai yang beredar di masyarakat.

Pengalihan Aset

Manfaat penting lainnya adalah lembaga keuangan dapat dijadikan sebagai wadah dalam melakukan kegiatan pengalihan aset.

Maksudnya, lembaga tersebut akan mengalihkan aset dengan cara meminjamkan dana kepada pihak lain untuk dikelola dalam masa waktu tertentu. Dana yang dialihkan ini berasal dari simpanan masyarakat yang menabung di lembaga tersebut.

Nah itu tadi, 4 Manfaat Lembaga Keuangan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Ketahui 5 Istilah Ini Dalam Keuangan Bisnis


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar