5 Jenis Fintech yang ada di Indonesia!
Siker.id | 21 Jul 2022 15:15


Bagikan ke
Jenis fintech di Indonesia (siker)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id – Kamu pernah melakukan pinjaman online melalui aplikasi smartphone kamu? Jika pernah melakukan berarti kamu termasuk orang yang memanfaatkan financial technology atau biasa disingkat fintech.

Apa itu fintech? Fintech merupakan istilah yang merujuk pada penggunaan inovasi dalam bidang jasa keuangan dan finansial. Sesuai namanya, hal ini merupakan penggabungan antara teknologi dan juga jasa finansial.

Tujuan penggunaan fintech ini ialah untuk memaksimalkan dan mempermudah segala sesuatu yang berhubungan dengan jasa finansial. Nantinya, segala sesuatu yang berhubungan dengan pembayaran, transfer dana, pembayaran, pengumpulan dana, pinjaman, sampai dengan pengelolaan aset bisa kamu lakukan dengan mudah dan lebih cepat.

Indonesia sendiri memiliki beberapa jenis fintech. Apa saja ya? Yuk, cek di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: Tak Punya Skill, Ini 4 Tips Berkarir Di Industri Teknologi

E-aggregator

E-aggregator ini ialah sebuah platform yang bisa digunakan masyarakat untuk mencari informasi, maupun mengambil keputusan mengenai produk finansial yang akan dipilih. Jenis fintech ini biasanya memiliki portal resmi yang mana terdapat sederet informasi yang berhubungan dengan produk keuangan.

Peer to Peer (P2P) Lending

Pada jenis ini, fintech menyediakan layanan pendanaan dan penerimaan pendanaan di satu platform yang sama. Gampangnya, P2P adalah sebuah layanan pendanaan yang mempertemukan antara investor dengan pihak yang memerlukan dana. Layanan berbasis P2P lending ini bisa dibilang cukup banyak diminati.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Rekrutmen Perusahaan di Era Teknologi

Crowdfunding

Penggalangan dana atau crowdfunding merupakan salah satu jenis fintech yang sedang populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dengan adanya teknologi ini, masyarakat dapat menggalang dana atau berdonasi untuk suatu inisiatif atau program sosial yang mereka pedulikan. Contoh start-up fintech dengan model crowdfunding yang terdapat di Indonesia adalah KitaBisa.com.

Microfinancing

Microfinancing merupakan salah satu bentuk pembiayaan fintech yang menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah untuk membantu kehidupan dan keuangan mereka sehari-hari.

Microfinancing berusaha menjembatani kebutuhan mereka dengan menyalurkan secara langsung modal usaha dari pemberi pinjaman kepada calon peminjam. Sistem bisnis ini dirancang agar return bernilai kompetitif bagi pemberi pinjaman, namun tetap attainable bagi peminjamnya.

Digital Payment System

Jenis fintech ini menyediakan layanan pembayaran digital tanpa melalui bank. Mulai dari tagihan pulsa, tagihan listrik, pembelian barang secara online, dan lain-lain.

Fintech jenis ini semakin berkembang terutama setelah e-commerce banyak digandrungi masyarakat. Banyak sekali e-commerce yang bekerja sama dengan perusahaan fintech lain ataupun membentuk digital payment sistemnya sendiri.

Nah itu tadi, 5 Jenis Fintech yang ada di Indonesia yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut Tren Terbaru Perekrutan Era Teknologi


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian