Jenis-jenis ISO yang Wajib Kamu Ketahui!
Siker.id | 20 Jul 2022 16:45


Bagikan ke
Jenis-jenis ISO (siker)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Pernahkah kamu mendengar istilah ISO? ISO atau International Organization for Standardization adalah badan non-pemerintah yang terdiri dari lebih dari 160 negara. Mereka bertanggung jawab untuk mengembangkan standar untuk berbagai industri yang mempromosikan kualitas, keamanan, dan efisiensi.

Walaupun tidak ada perusahaan yang dipaksa untuk mematuhi standar ISO, memilih pemasok yang terdaftar ISO memastikan bahwa pemasok Anda mengelola bisnis mereka dengan standar yang konsisten yang mendorong pemborosan dan biaya dan mendorong kualitas produk dan pengiriman.

Dengan adanya organisasi ini akan membuat ISO memberikan spesifikasi untuk kelas dunia dalam berbagai macam hal. Perusahaan yang telah terverifikasi oleh ISO akan berpeluang dalam memenangkan persaingan pasar global tersebut karena memberikan jaminan kualitas produk agar konsumen lebih percaya terhadap produk tersebut.

Menurut kamu apa saja jenis-jenis ISO? Cari tahu di bawah ini ya!

Baca Juga: 8 Prinsip Manajemen Mutu untuk Kamu Ketahui!

ISO 22000

Standar ISO ini mengatur sistem manajemen keamanan pangan. ISO 22000 ditujukan untuk perusahaan yang bergerak di bidang minuman dan makanan. Setiap perusahaan yang ingin mendapatkan standar ini harus melakukan kontrol internal serta memiliki rencana proses dan pengendalian untuk setiap produknya.

ISO 9001

Standar ini adalah yang paling banyak diterapkan oleh perusahaan. ISO 9001 merupakan sistem manajemen mutu yang memiliki karakteristik pendekatan proses untuk memperbaiki efektivitas manajemen mutu di suatu perusahaan.

ISP/IEC 27001

Ialah standar yang mengatur Informasi Security Management System (ISMS) atau sistem manajemen keamanan informasi. Standar ini digunakan pada perusahaan aplikasi IT dan yang sejenisnya.

ISO 28000

Standar ISO ini mengatur sistem keamanan pasokan untuk perusahaan berisiko tinggi, seperti hotel, perbankan, pertambangan, dan sejenisnya.

Baca Juga: Apa Tugas dan Tanggung Jawab Auditor Internal?

ISO 14001

Standar ISO ini berkaitan dengan sistem manajemen lingkungan dengan berbagai aspek yang wajib dipenuhi, seperti penghematan air, bahan bakar, energi, dan pengelolaan limbah.

ISO 5001

Sebagai standar internasional, ISO 50001 menetapkan persyaratan bagi organisasi untuk mengembangkan, mengimplementasikan, dan meningkatkan sistem manajemen energi. Ini memungkinkan organisasi untuk mengikuti kerangka kerja spesifik yang membantu mereka mencapai peningkatan berkelanjutan dalam kinerja energi, efisiensi, penggunaan, dan konsumsi.

ISO/IEC 17025

Standar ini mengatur lembaga pengujian atau laboratorium yang bertujuan untuk menjamin keakuratan hasil pengujian pada bidang kesehatan, perlindungan konsumen, perdagangan, dan produksi.

ISO TS 16949

Standar ini adalah persyaratan sistem kualitas umum yang dikembangkan bersama oleh industri otomotif AS, Jerman, Prancis, dan Italia dalam upaya terpadu untuk meningkatkan kualitas dan memastikan integritas pasokan ke industri. Persyaratan ini berlaku untuk organisasi apa pun yang memproduksi komponen, rakitan, dan suku cadang untuk pasokan ke industri otomotif.

Nah itu tadi, Jenis-jenis ISO yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Peluang Kerja Lulusan Teknik Pertanian, Wajib Baca Ini


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian