5 Cara Mengambil Keputusan Tepat!
Siker.id | 19 Jul 2022 16:05


Bagikan ke
Cara mengambil keputusan tepat (siker)

siker.id – Pada saat-saat tertentu kamu pasti dihadapkan untuk mengambil keputusan tertentu. Dalam memutuskan kamu hendaknya mengambil keputusan yang terbaik di antara yang terbaik.

Untuk mengambil suatu keputusan tentu tidak mudah, kamu harus mampu mempertimbangkan segala kemungkinan yang akan kamu hadapi. Terkadang, justru kita membuat suatu keputusan yang blunder.

Agar kamu tidak melakukan hal yang blunder, di bawah ini ada 5 cara dalam mengambil keputusan yang tepat untuk kamu. Mari simak, sobat siker.

Baca Juga: 3 Jenis Penalaran Bantu Kamu Memilih Keputusan

Pahami Konteks Masalahnya

Supaya kamu dapat mengambil keputusan yang tepat, pertama kamu harus mampu memahami konteks masalahnya terlebih dahulu.

Tentunya, keputusan dibuat saat ada perkara tertentu, kan? Nah, kamu coba memahami perkara tersebut secara mendalam. Pikirkan dampak positif dan negatifnya, serta berbagai risiko yang mungkin terjadi.

Apabila kamu sudah benar-benar paham, maka segeralah membuat keputusan. Jangan menunggu terlalu lama, sebab itu membuang-buang waktu dan yang pasti merugikan diri kamu sendiri. Jadi beranilah!

Kumpulkan Data &Lakukan Analisis

Saat mengambil keputusan, pastinya kamu tidak boleh asal-asalan. Apalagi hanya menuruti ego semata. Wah, itu sangat berisiko! Bisa-bisa kamu menyesal karena tidak memikirkannya.

Sebaiknya sebelum kamu mengambil keputusan, kumpulkan data-data dulu yang mendukung permasalahan yang sedang Anda hadapi.

Baca Juga: 4 Hambatan Perusahaan dalam Mengambil Keputusan

Tanyakan kepada Orang yang Lebih Berpengalaman

Apabila setelah mengidentifikasi dan menganalisis masalah kamu tetap bingung bagaimana cara mengambil keputusan terbaik, kamu juga bisa menanyakan pada teman, relasi, bahkan sahabat yang berpengalaman.

Pengalaman yang mereka miliki mungkin dapat membantumu untuk berpikir dan mengambil keputusan. Selain kepada mereka yang berpengalaman, akan lebih baik jika kamu dapat menceritakannya kepada seseorang yang kamu percaya dan sungguh mengenalmu.

Ingat Targetmu

Masing-masing orang pasti memiliki target masing-masing. Apakah ingin menjadi seorang direktur, ataukah ingin memiliki bisnis yang sukses. Mengetahui atau mengingat kembali targetmu akan membantu kamu dalam mengambil keputusan di masa sekarang.

Cobalah untuk menuliskan apa targetmu, dan bagaimana langkah yang perlu kamu ambil agar bisa mencapai target tersebut. Dengan begini, kamu akan memiliki pandangan lain mengenai pilihan yang hadapi, dan langkah apa yang sebaiknya kamu ambil.

Bayangkan yang Akan Terjadi

Seusai kamu mengetahui tujuan dan apa yang perlu kamu lakukan untuk mencapainya, cobalah untuk membayangkan bagaimana masa depanmu ketika kamu memilih untuk mengambil keputusan tersebut.

Mulai dari hubunganmu dengan orang sekitar, hingga kondisi kesehatan atau keuanganmu ke depannya.

Setelah selesai, kembali lakukan dengan cara di atas, yaitu dengan menuliskannya. Meski nampak kuno, menulis hasil pemikiranmu dapat membantumu untuk melihat dengan jelas, dan berpikir jernih.

Nah itu tadi, 5 Cara Mengambil Keputusan Tepat yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut Kiat Mengambil Keputusan Secara Cepat


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar