4 Alasan Penting Komunikasi Bisnis!
Siker.id | 19 Jul 2022 11:00


Bagikan ke
Alasan pentingnya komunikasi bisnis (siker)

siker.id – Komunikasi adalah hal penting. Setuju? Termasuk dalam berbisnis, kita membutuhkan komunikasi yang baik dengan investor, klien, pemerintah, dan pihak lainnya untuk melakukan bisnis yang kita miliki.

Definisi komunikasi bisnis sendiri ialah proses berbagi informasi antara orang di dalam dan di luar bisnis. Komunikasi bisnis yang efektif adalah cara karyawan dan manajemen berinteraksi untuk mencapai tujuan bisnis.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan praktik bisnis dan mengurangi kesalahan.

Komunikasi bisnis termasuk ke dalam kategori ilmu terapan. Pentingnya komunikasi bisnis juga terletak pada penyajian opsi atau ide bisnis baru, perencanaan dan proposal bisnis, membuat keputusan, pencapaian kesepakatan, pengiriman dan pemenuhan pesanan dalam berbisnis hingga kesuksesan penjualan.

Lalu apa alasan pentingnya komunikasi bisnis ini? Yuk simak di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Keterampilan Komunikasi yang Tepat untuk Pemimpin

Meningkatkan Produktivitas Karyawan

4 dari 5 karyawan percaya bahwa komunikasi bisnis internal yang efektif membantu kinerja pekerjaan mereka.

Dengan informasi yang berlebihan, karyawan sering menghabiskan terlalu banyak informasi dengan mencari konten yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka.

Selain itu, rata-rata karyawan menghabiskan 2,5 jam setiap hari untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

Setiap bulan, ini mengakibatkan banyak jam kerja yang hilang begitu saja untuk menemukan sesuatu yang seharusnya ada di ujung jari karyawan.

Meningkatkan Komunikasi antar Departemen

Tanpa strategi komunikasi yang tepat, sangat sulit untuk menjaga komunikasi antar departemen yang efektif dalam perusahaan. Agar karyawan menjadi lebih produktif, mereka harus dapat berkomunikasi dan berkolaborasi dengan mudah.

Misalnya, research department kamu harus berada di halaman yang sama dengan tim pemasaranmu, dan business office kamu harus sejalan dengan IT department.

Baca Juga: 3 Cara Komunikasi yang Baik dengan Rekan Kerja

Menghindari Kesalahpahaman

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa komunikasi dengan baik ini dapat menghindari kesalahpahaman atau terjadinya perbedaan persepsi.

Sehingga ketika pelaku bisnis mampu berkomunikasi dengan baik hal seperti kesalahpahaman atau pun miskomunikasi menjadi hal yang tidak perlu dipersoalkan dan dapat diselesaikan secara damai.

Selain itu, hal tersebut membuat lebih mudah bagi pelaku bisnis untuk meminimalisir terjadinya persoalan atau permasalahan yang tidak perlu dan akan membuat pelaku bisnis lebih fokus pada tugasnya masing-masing.

Membantu Membangun Tim Bisnis

Dalam membangun sebuah tim maka diperlukan seorang leader atau pemimpin yang mampu berkomunikasi dengan baik kepada setiap individu yang ada pada tim tersebut.

Sehingga ketika pemimpin tersebut telah mampu berkomunikasi dengan baik maka dapat membawa dampak positif pada tim yang dibangun agar lebih unggul dan menghasilkan kinerja yang lebih bagus.

Nah itu tadi, 4 Alasan Penting Komunikasi Bisnis yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tips Cara Meningkatkan Komunikasi Verbal

 


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar