3 Tujuan Komunikasi Bisnis untuk Kamu Ketahui!
Siker.id | 19 Jul 2022 13:00


Bagikan ke
Tujuan komunikasi bisnis (siker)

siker.id – Apa yang ada dibenakmu mengenai komunikasi? Secara harfiah, komunikasi adalah sebuah interaksi antara dua orang atau lebih untuk menyampaikan suatu informasi. Nah, dalam bisnis, komunikasi tersebut penting dilakukan supaya tidak terjadi kesalahan.

Tanpa komunikasi yang baik, maka berbagai masalah akan timbul, mulai dari klien, karyawan, pelanggan, hingga keuntungan mulai menurun. Agar kondisi tersebut tidak terjadi, kamu perlu mempelajari tujuan dari komunikasi bisnis ini.

Yuk, simak di bawah ini ya!

Baca Juga: 3 Keterampilan Komunikasi yang Tepat untuk Pemimpin

Memberi Informasi (Informing)

Tujuan utama komunikasi bisnis ini adalah memberikan informasi seputar dunia usaha dagang kepada pihak lain. Misalkan seorang pimpinan perusahaan memerlukan beberapa staf administrasi baru di kantor cabang. Untuk memperoleh pegawai yang diharapkan tersebut, perusahaan bisa membuat iklan lowongan kerja melalui berbagai media seperti internet, majalah, surat kabar, atau bahkan radio.

Tiap-tiap sarana informasi tersebut pastinya memiliki kelebihan maupun kekurangan, sehingga tergantung manajer menentukan media mana yang akan digunakan dengan mempertimbangkan kapabilitas internal perusahaan.

Melakukan Persuasi (Persuading)

Tujuan komunikasi bisnis lainnya ialah melakukan persuasi atau bujukan kepada pihak lain sehingga maksud serta tujuan yang disampaikan mampu dipahami secara baik dan benar.

Hal ini kerap digunakan terutama ketika berkaitan dengan musyawarah, negosiasi, dan semacamnya. Nah, agar bisa memperoleh hasil perundingan yang optimal, masing-masing pihak setidaknya harus memahami prinsip win-win solution.

Baca Juga: 3 Cara Komunikasi yang Baik dengan Rekan Kerja

Melakukan Kolaborasi (Collaborating)

Kolaborasi adalah satu bentuk kerjasama dan interaksi pihak-pihak yang terlibat secara langsung dan tidak langsung yang dapat menerima akibat dan manfaat. Adanya komunikasi inilah yang membuat kerjasama bisnis dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Komunikasi bisnis ini dapat dilakukan dengan berbagai media contohnya melalui telepon, email dan berbagai media lainnya.

Nah itu tadi, 3 Tujuan Komunikasi Bisnis yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tips Cara Meningkatkan Komunikasi Verbal


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar