4 Manfaat HRIS untuk Perusahaanmu!
Siker.id | 18 Jul 2022 14:03


Bagikan ke
Manfaat HRIS untuk perusahaan (siker)

siker.id – Perkembangan teknologi saat ini semakin canggih termasuk pengelolaan sistem yang ada dalam perusahaan. Salah satu bentuk kecanggihan tersebut adalah HRIS.

Tahukah kamu apa itu HRIS? HRIS merupakan singkatan dari Human Resource Information System. Sistem ini sering kali disebut sebagai HRMS (Human Resource Management System). HRIS adalah suatu perangkat lunak untuk mengelola data atau informasi yang berhubungan dengan sumber daya manusia. Hal ini termasuk, kinerja SDM, kehadiran atau izin, hingga penilaian kinerja karyawan.

Selain itu, Manajer HRD dapat mengelola data karyawan mulai dari data pribadi, profil, gaji melalui HRIS. Manajer juga dapat memilih siapa yang berhak melihat dan mengelola data karyawan guna menghindari pencurian data. HRIS turut memudahkan manajer HRD dalam proses rekrutmen dan mengurangi biaya operasional HRD.

Yuk, cari tahu manfaat lain di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: Ini Dia 4 Jobdesc Staff HRD!

Meningkatkan Produktivitas

Sebagian besar waktu HR dihabiskan untuk mengisi data karyawan, baik itu mengisi data absen, formulir tunjangan, cuti dan lain-lain. Sementara itu, tugas lain yang mengandalkan keahlian mereka dan lebih penting diabaikan.

Dengan menggunakan HRIS, produktivitas HR secara keseluruhan dapat meningkat. HRIS dirancang untuk mempercepat berbagai macam proses administrasi dan pekerjaan HR. HRIS dapat mempersingkat dan mempemudah semua proses dan waktu pengerjaan tugas-tugas tersebut sehingga tak lagi memakan banyak waktu dan tenaga.

Menghemat Pengeluaran Perusahaan

Salah satu manfaat menggunakan HRIS adalah mampu untuk mengurangi pengeluaran perusahaan diberbagai bidang, baik dalam proses penggajian, administrasi, maupun proses rekrutmen karyawan. Proses rekruitmen karyawan akan sangat terbantu dengan adanya software HRIS karena tim HR tidak perlu menghabiskan waktu menyimpan seluruh data calon karyawan secara manual dalam bentuk fisik karena seluruh proses rekruitmen telah terdata dalam software HRIS. Tidak hanya itu, dalam proses administrasi dan penggajian, perusahaan juga dapat menghemat pengeluaran karena tidak perlu menggunakan kertas sebagai media dalam melakukan berbagai proses seperti biasanya.

Baca Juga: 3 Cara Balas Email Undangan Interview Dari HRD

Mempermudah Kontrol Kinerja Karyawan

Dengan adanya sistem ini, dapat memudahkan HRD untuk memantau pegawai mana yang kinerjanya lambat, berkembang dan totalitas. Software HRIS juga terdapat KPI atau key performance indicator, dimana manajer HRD dapat mengontrol kinerja karyawan dan membandingkan kinerja. Hal ini tentunya akan membantu HRD dalam membuat sistem penilaian kinerja.

Menyederhanakan Proses Rekrutmen

Dengan adanya Human Resource Management System, sistem ini dapat memudahkan Manajer HRD dengan membuat tahapan rekrutmen dan juga kriteria rekrutmen. Hal ini dapat membantu HRD mencari karyawan mulai dari tahapan hingga proses rekrutmen dalam waktu lebih efektif. 

Nah itu tadi, 4 Manfaat HRIS untuk Perusahaanmu yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tips Membuat Resume Menarik HRD Perusahaan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar