icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Tips Menggunakan Viral Marketing!
Siker.id | 18 Jul 2022 12:00


Bagikan ke
Tips Penggunaan Viral Marketing (siker)

siker.id – Kalian pasti pernah membaca atau mendengar sesuatu yang viral di media sosial seperti kejadian unik dan menarik atau hal-hal lucu lainnya. Dalam bisnis, memviralkan produk juga menjadi suatu strategi marketing, lho, sobat siker!

Viral marketing sendiri memiliki konsep yang serupa dengan word of mouth atau yang dapat dikatakan sebagai metode menyebarkan pesan kepada konsumen melalui kata-kata. Konsep dari viral marketing ini lebih memanfaatkan penggunaan jaringan sosial di dalam dunia maya.

Pengertian Viral Marketing sendiri adalah sebuah teknik pemasaran yang memanfaatkan jaringan sosial, baik itu melalui dunia maya maupun offline yang bertujuan untuk bisa menyampaikan pesan dan iklan kepada konsumen di pasaran. Jika dapat didefinisikan secara simple, maka virtual marketing dapat dikatakan sebagai sebuah bentuk proses pemasaran yang dapat dilakukan secara online ataupun offline terkait produk/jasa yang Anda miliki kepada konsumen.

Ini dia tips melakukan strategi viral marketing yang patut kamu coba, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tips Promosi dengan Viral Marketing

Menentukan Target Audiens

Sesuatu yang bisa viral tidak bisa terjadi begitu saja, kecuali disebarkan oleh orang-orang yang bersedia melakukannya. Oleh karena itu, pastikan kamu menyampaikan pesan yang menarik perhatian target audiens. Kemudian, tentukan channel atau platform yang tepat.

Apakah di Instagram, YouTube, Facebook, Twitter dan lain-lain. Pastikan jika channel tersebut merupakan tempat dimana para target audiens kamu berada.

Gunakan Tren

Kata ‘viral’ punya kaitan yang erat dengan tren. Maka dari itu, pastikan setiap usaha viral marketing-mu mampu melihat tren apa yang sedang terjadi di media sosial.

Misalnya, kamu melihat bahwa Instagram sedang tren di kalangan target audiensmu. Maka, kamu bisa membuat konten di platform video tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan hashtag untuk membuat kontenmu menjadi viral. Orang lain yang membagikan kontenmu akan menggunakan hashtag yang sama dan kontenmu bisa lebih mudah ditemukan orang lain.

Baca Juga: 4 Aplikasi Pendukung Content Creator

Mengandalkan Tools Social Media Analytics

Seperti yang sering disebutkan, audiens memiliki peran vital untuk menjadikan konten kamu viral. Jadi, kamu mesti tahu jenis konten seperti apa yang mereka sukai. Misal dalam bentuk video, stories, meme dan sebagainya.

Salah satu cara efektifnya adalah dengan menggunakan bantuan tools social media analytics. Tools ini bisa memudahkan kamu dalam mengumpulkan data dari setiap aktivitas di media sosial. Termasuk melacak performa dari setiap campaign.

Nah dari tools ini, kamu bisa mencari insight dari setiap konten/ campaign sebelumnya yang sekiranya paling unggul. Misal lihat dari jumlah likes terbanyak, komentar, klik, views dan lain-lain. Lalu, amati hal-hal apa yang membuat konten tersebut menarik. Kemudian telusuri apa yang sekiranya bisa menjadi inspirasi di konten viral pemasaranmu.

Tingkatkan Emosi Audiens

Kunci dari keberhasilan viral marketing adalah mampu menggugah emosi audiens. Oleh karena itu, buatlah konten yang memiliki alur cerita menarik dan menyentuh. Kontenmu akan lebih disukai audiens dan berpeluang dibagikan lagi oleh mereka.

Nah itu tadi, 4 Tips Menggunakan Viral Marketing yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Strategi Market Penetration yang Sering Digunakan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar