4 Manfaat Studi Kelayakan Bisnis!
Siker.id | 17 Jul 2022 12:00


Bagikan ke
Manfaat Studi Kelayakan Bisnis (siker)

siker.id – Pernahkah kalian menjalankan suatu bisnis? Jika kalian belum pernah menjalankan bisnis, ada baiknya kalian melakukan sebuah studi kelayakan bisnis terlebih dahulu sebelum kalian memulai suatu bisnis. Apa itu studi kelayakan bisnis?

Studi kelayakan bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menentukan apakah suatu bisnis layak dijalankan atau tidak. Kegiatan ini meliputi identifikasi masalah, peluang, menentukan tujuan, menggambarkan bagaimana situasi bisnis dan menilai berbagai manfaat yang dihasilkan.

Dalam kaitannya dengan bisnis, studi ini bisa digunakan untuk membantu pengusaha mengambil sebuah keputusan yang tepat. Bagi seorang pemula, studi ini sangat penting dilakukan karena dapat menghindarkan pebisnis dari kerugian.

Kira-kira manfaat dari studi kelayakan bisnis ini apa ya? Yuk, cek di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Jenis Kontrak Bisnis

Memperkecil Resiko Kerugian

Saat menjalankan sebuah bisnis, ada banyak hal yang tidak bisa diperkirakan. Maka dari itu, pebisnis perlu mempersiapkan segala hal guna mengantisipasi semua hal yang terjadi di masa depan.

Dengan melakukan analisis studi kelayakan, pebisnis dapat memperkecil risiko yang dapat terjadi pada perusahaan, baik itu risiko yang bisa dikendalikan maupun risiko yang tidak dapat dikendalikan. Akibatnya, apabila perusahaan merugi, kerugian yang diterima tidaklah besar dan mungkin dapat diantisipasi.

Mempermudah Perencanaan Bisnis

Ketika melakukan analisis kelayakan usaha, pebisnis akan mendapatkan segala informasi yang berhubungan dengan bisnis yang akan dirintis termasuk kelebihan dan kekurangan bisnis.

Dari hasil analisis tersebut, pebisnis dapat lebih mudah melakukan perencanaan ke depannya. Tidak hanya itu, berkat analisis kelayakan yang dilakukan, pebisnis bisa merencanakan kegiatan yang bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Baca Juga: 3 Prinsip Etika Bisnis Untuk Jadi Pengusaha Sukses

Melancarkan Pelaksanaan Bisnis

Melalui analisis kelayakan bisnis ini, program-program yang sebelumnya direncanakan dapat dieksekusi dengan lebih akurat dan mudah. Dari hasil analisis, nantinya pebisnis dapat menilai dan mengevaluasi mana saja program dan kebijakan yang memberikan keuntungan dan kerugian bagi perusahaan.

Dampaknya, pelaksanaan bisnis menjadi lebih mudah untuk direalisasikan dan semua program juga akan menghasilkan keuntungan.

Mempermudah Melakukan Pengawasan

Terdapat banyak aspek yang dianalisis ketika studi kelayakan dilakukan. Laporan hasil analisis dari berbagai aspek tersebut dapat digunakan oleh pebisnis untuk melakukan pengawasan.

Selain pengawasan dari dalam/internal, sebuah perusahaan juga mendapat pengawasan dari eksternal. Melalui hasil analisis studi kelayakan, pihak berwenang akan lebih mudah melakukan pengawasan dengan berpedoman pada laporan analisis tersebut.

Nah itu tadi, 4 Manfaat Studi Kelayakan Bisnis yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Prinsip Etika Bisnis

 


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar