4 Tujuan AMDAL Wajib Kamu Ketahui!
Siker.id | 17 Jul 2022 13:01


Bagikan ke
Tujuan AMDAL (siker)

siker.id – Apa itu AMDAL? Pernahkah kamu mendengar istilah tersebut? AMDAL atau Analisis Mengenai Dampak Lingkungan merupakan suatu penelitian yang dilakukan untuk bisa mengetahui dampak lingkungan yang diakibatkan oleh adanya suatu kegiatan yang direncanakan, seperti proyek pekerjaan baru.

Bagi pelaku bisnis seperti perusahaan harus memahami dampak lingkungan sekitar dari apa yang telah ditimbulkan dari aktivias perusahaan tersebut.

Amdal ini diberlakukan kepada para pemilik usaha dan merupakan syarat izin usaha. Pengadaannya dilakukan dalam rangka perlindungan dan pengelolaan terhadap lingkungan.

Lalu, apa aja sih tujuan lain diterapkannya AMDAL ini? Cari tahu di bawah ini, ya sobat siker!

Baca Juga: 3 Tips Ciptakan Kebahagiaan di Lingkungan Kerja

Pemberian Izin Usaha

Tujuan adanya AMDAL adalah pemerintah dapat memberikan izin usaha atau kegiatan. Sebuah izin untuk membangun usaha atau melakukan suatu kegiatan harus dimiliki oleh para pelaksana usaha. Apabila suatu usaha atau kegiatan tidak memiliki izin, maka kemungkinan terdapat hal yang dapat merugikan lingkungan hidup dan bisa meresahkan kehidupan masyarakat di sekitar usaha yang dibangun dan kegiatan yang dilaksanakan.

Dengan adanya syarat AMDAL ini, AMDAL dapat memberitahukan informasi tentang lingkungan hidup kepada pemerintah sehingga pemerintah dapat membuat keputusan apakah suatu usaha dan kegiatan yang akan dibangun dapat dilaksanakan atau tidak.

Edukasi bagi Masyarakat

Melalui AMDAL, masyarakat dapat memperoleh informasi tentang pengelolaan lingkungan hidup ketika sebuah proyek pembangunan berlangsung. Masyarakat dapat merasa aman karena lingkungan hidup disekitarnya tidak rusak dan tidak tercemar. Bahkan, masyarakat sekitar juga bisa turut andil dalam proyek pembangunan yang sedang berjalan.

Tujuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan mereka yang melakukan proyek pembangunan karena sama-sama diuntungkan. Masyarakat dapat merasakan manfaat dari suatu pembangunan dan mereka (pemilik modal dan pemilik proyek pembangunan) dapat membangun dengan tenang sehingga proyek pembangunan yang sudah jadi dapat bertahan lama.

Baca Juga: 3 Tips Hadapi Lingkungan Kerja yang Toxic

Masukan Tentang Perencanaan Suatu Kegiatan Usaha atau Pembangunan

Maksud dari tujuan ini adalah dapat memberikan saran supaya pembangunan atau kegiatan usaha yang dilakukan tidak mencemari atau merusak lingkungan hidup. Hal ini dikarenakan dibuatnya AMDAL membuat kita tahu hal-hal yang perlu dilakukan agar pembangunan tidak mencemari dan merusak lingkungan hidup, sehingga pembangunan dapat berjalan dengan semestinya.

Adanya masukan tersebut membuat semua pihak yang tergabung di dalam suatu proyek pembangunan atau kegiatan usaha memiliki peran dalam menjaga lingkungan hidup. Selain itu, pembangunan akan berjalan dengan baik karena tidak akan melanggar Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tentang lingkungan hidup serta AMDAL.

Dapat Dijadikan Dokumentasi Legal Dan Ilmiah

Pada tujuan ini, pemilik bisnis/proyek dan pemerintah akan memiliki sebuah bukti yang legal sehingga pelaksanaan pembangunan tidak akan terhambat

Selain itu, AMDAL juga bisa dijadikan sebagai suatu bukti ilmiah bahwa lingkungan hidup di sekitar pembangunan tidak akan rusak. Bukti ilmiah ini dapat dibuktikan dengan cara melakukan sebuah penelitian dan riset sebelum melakukan suatu proyek pembangunan.

Nah itu tadi, 4 Tujuan AMDAL yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tips Menghadapi Lingkungan Kerja Yang Toxic


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar