4 Manfaat Omnichannel Marketing
Siker.id | 17 Jul 2022 14:00


Bagikan ke
Manfaat Omnichannel Marketing (siker)

siker.id - Tahukah kamu apa itu Omnichannel? Omnichannel atau multisaluran yakni, sebuah pendekatan penjualan yang menggunakan banyak saluran untuk menjangkau pelanggan dan memberi mereka pengalaman belanja yang sangat baik. Ini mencakup semua cara merek dan pelanggan berinteraksi satu sama lain.

Baik mereka berbelanja melalui perangkat selululer/laptop atau di toko fisik, pendekatan ini dirancang untuk membuat belanja berjalan selancar mungkin. Maksudnya, proses ujung ke ujung – dari distribusi dan promosi hingga komunikasi dan penjualan – terintegrasi dengan baik.

Di bawah ini ada 4 manfaat omnichannel. Yuk, simak!

Baca Juga: 4 Kelebihan Email Marketing

Retensi Konsumen Lebih Baik

Setiap konsumen pasti ingin bertransaksi dengan cara yang paling nyaman. Maka dari itu, strategi omnichannel adalah opsi terbaik untuk dapat menyediakan berbagai pilihan yang mungkin tersedia bagi konsumen.

Terdapat studi yang menunjukkan bahwa bisnis yang berhasil menerapkan cross-channel marketing secara konsisten rata-rata menikmati peningkatan retensi konsumen sampai 13% per tahun.

Peningkatan Pendapatan

Pendekatan pemasaran omnichannel ini mendorong konsumen untuk terhubung dengan bisnis melalui berbagai kanal. Dengan begitu, hal ini meningkatkan engagement konsumen dalam banyak titik di sepanjang proses transaksi.

Wajar saja bila strategi ini meningkatkan pendapatan bisnis. Bahkan, terdapat studi yang menunjukkan bahwa konsumen yang terhubung di banyak kanal 30% lebih bernilai.

Pasalnya, metode ini meningkatkan potensi konsumen untuk membeli lebih banyak dari bisnis. Konsumen yang melakukan transaksi berulang meningkatkan pendapatan bisnis sampai 40%, terlepas dari skala transaksinya.

Baca Juga: 3 Proses Penerapan Integrated Marketing Communication

Visibilitas Merek yang Lebih Baik

Pendekatan omnichannel ini juga dapat membantu menempatkan pesan kamu di seluruh saluran secara konsisten dan tepat waktu baik itu melalui online ataupun pada toko fisik. Mana pun yang paling nyaman bagi pelangganmu. Setiap kali pelanggan menemukan merek kamu, mereka dapat kamu tawari pengalaman pelanggan terbaik namun tetap mendapat perlakuan khusus. Visibilitas merek yang lebih baik mendorong loyalitas pelanggan yang lebih besar.

Hemat Biaya

Dengan wawasan yang kamu peroleh dari data yang telah terkumpul, kamu dapat melakukan strategi pemasaran dan menerapkan sumber daya dengan lebih efisien. Menganalisis data omnichannel membantu kamu untuk mengetahui dimana dan kapan harus lebih berkonsentrasi pada saluran tertentu, untuk meningkatkan keuntungan kamu.

Nah itu tadi, 4 Manfaat Omnichannel Marketing yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Jenis Influencer Marketing


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar