icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Simak ! Tips Melatih Kemampuan Problem Solving
Siker.id | 23 Nov 2021 16:15


Bagikan ke

siker.id - Dunia pekerjaan adalah dunia yang cukup kompleks dengan segala permasalahan yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, kamu yang masih mempunyai rutinitas sebagai pegawai kantoran, tentunya tidak asing dengan kemampuan problem solving. Jenis kemampuan ini yang akan bantu kamu pecahkan masalah.

Hal tersebut berdasarkan sebuah penjelasan yang mengatakan kalau problem solving tidak hanya kemampuan menyelesaikan masalah saja, tapi juga menjadi mind set yang membawa seseorang selalu berusaha berpikir positif dalam mencari jalan keluar dari masalah.

Kemampuan problem solving adalah salah satu keahlian yang cukup kompleks. Artinya, kemampuan ini terdiri dari berbagai kemampuan lainnya seperti mampu berpikir secara sistematis, logis, dan juga efektif. Ditambah, seseorang bisa menggunakan pengalaman keberhasilan atau kegagalan untuk menentukan solusi dari sebuah masalah.

Baca juga: Apa Saja Ciri Karyawan Yang Tidak Disukai Atasan?

Berikut ini adalah Cara Melatih Kemampuan Problem Solving

1. Identifikasi Masalah

Perjelas tentang apa masalahnya. Ingatlah bahwa orang yang berbeda mungkin memiliki pandangan yang berbeda tentang apa yang menjadi titik masalahnya!

Sebelum dapat menghadapi masalah, masalah itu perlu diidentifikasi. Tak jarang sebuah masalah yang berdampak hingga berlarut-larut itu terjadi tanpa disadari sebelumnya. Alhasil pada akhirnya akan membawa pada tingkat frustasi tertentu dan kemungkinan besar akan terjadi perselisihan secara fisik atau setidaknya perang dingin di antara pihak yang memiliki konflik. Setiap organisasi tentunya memiliki sistem komunikasi formal seperti sebuah forum pertemuan yang berfungsi sebagai media untuk menyampaikan permasalahan dan mencari solusi. Dalam forum pertemuan ini, identifikasi dan daftarkan setiap masalah yang ada bersama-sama secara kekeluargaan.

2. Melakukan Evaluasi

Terlepas dari beberapa cara cerdas di atas ada satu cara lagi yang bisa menguji berbagai cara yang sudah dijelaskan sebelumnya cara itu adalah evaluasi. Kamu mesti lho melakukan evaluasi terhadap masalah-masalah yang sudah kamu bereskan. Hal ini akan mengacu untuk produktivitas ide-ide lain, atau cara-cara lain yang lebih efektif untuk menyelesaikan masalah.

3. Pahami Minat Semua Orang

Ini adalah langkah kritis yang biasanya tidak dihiraukan. Minat adalah kebutuhan yang Anda inginkan dipenuhi dengan solusi yang diberikan. Kita sering mengabaikan kepentingan sejati kita ketika kita menjadi terikat pada satu solusi tertentu. Solusi terbaik adalah solusi yang memuaskan minat semua orang. Inilah saatnya untuk mendengarkan secara aktif. Letakkan perbedaan Anda sebentar dan dengarkan satu sama lain dengan maksud untuk mengerti.

Baca juga: Berikut Ciri-Ciri Atasan yang Tidak Disukai Karyawan

4. Mencari dan memilih solusi

Terkadang solusi muncul dari hal-hal yang tak terduga. Salah satunya dengan melakukan diskusi dengan tim atau rekan kerjamu. Setelah menemukan akar masalah, cobalah menggali beberapa ide yang berkaitan dengan masalah tersebut. Dengan saling berbagi pendapat terkait masalah yang dihadapi dapat menghasilkan beberapa solusi yang dibutuhkan. Selain itu, cari informasi sebanyak-banyaknya. Seperti bertanya kepada orang yang berpengalaman atau yang pernah memiliki masalah yang serupa.

Nantinya setelah menemukan beberapa solusi, selanjutnya adalah memilih solusi yang tepat. Karena tidak semua solusi yang ditemukan bisa diterapkan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, mulai dari biaya, sumber daya manusia, dan dampak dari solusi itu sendiri (jangka panjang atau pendek).

5. Selalu Berpikir Positif

Umumnya atau kebanyakan orang langsung panik ketika menghadapi sebuah masalah. Rasa panik itu membuat seseorang tidak mampu berpikir jernih dan cenderung negatif seperti rasa ingin menyerah begitu saja.

Hal ini bisa dihindari dengan cara melatih diri kamu untuk tenang, dan mencoba berpikir positif dari segala permasalahan yang sedang kamu hadapi. Mungkin terbaca klise tapi mencoba bernapas dengan normal, menenangkan pikiran adalah beberapa cara untuk membuat kamu tetap berpikir positif.

Sekian Artikel Tentang Tips kemampuan melatih problem solving. Bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan. Terima kasih

Baca juga: Berikut Olah Raga Ringan yang Bisa Dipraktekkan di Kantor

 


Editor: Bagus -

     

Komentar