5 Keuntungan Perusahaan Menerapkan ERP!
Siker.id | 15 Jul 2022 13:15


Bagikan ke
Keuntungan Menerapkan ERP (siker)

siker.id – Apabila kamu karyawan suatu perusahaan besar, kamu pasti tahu mengenai sistem terintegrasi yang biasanya digunakan perusahaan, salah satunya ERP. Bagi kalian yang belum tahu apa itu ERP, ERP atau singkatan dari Enterprise Resource Planning adalah suatu sistem terpadu yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh sumber daya perusahaan.

Tujuan penggunaan sistem ini yakni, agar dapat menghasilkan nilai tambah (value added) dan memberikan keuntungan maksimal bagi semua pihak yang berkepentingan atas perusahaan atau organisasi.

Penggunaan sistem ERP akan memudahkan perencanaan hingga pengelolaan sumber daya perusahaan. Sistem ERP sendiri memiliki banyak modul yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa modul diantaranya yaitu modul gudang, keuangan, manajemen pesanan, manajemen pelanggan, manajemen sumber daya manusia, dan lain-lain.

Lalu, apa saja keuntungan bagi perusahaan yang menerapkan sistem ERP ini? Yuk, cek di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Macam Sistem Informasi Manajemen

Integrasi Bisnis dan Akurasi Data

Perusahaan dapat mengetahui perubahan pada setiap modul dan submodul karena pembaharuan dalam program bersifat real time. Program ini juga bisa meminimalisasi duplikat atau pencurian data yang biasanya disebabkan oleh kesalahan user. Dengan sistem ERP ini, integrasi bisnis akan berjalan lebih baik dan keakuratan data dalam laporan perusahaan dapat dipertanggungjawabkan.

Perencanaan dan Manajemen Sistem Informasi yang Lebih Baik

ERP ini mampu membantu dalam mengatur agar sumber daya seperti manusia, material, dan mesin lebih tepat dan maksimal dalam bekerja. Selain itu, sistem ini dapat memberikan laporan yang akurat kepada manajemen sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

Efisiensi dan Produktivitas

Sistem ERP ini juga dapat meningkatkan efisiensi pada aktivitas rutin operasional perusahaan. Aktivitas itu meliputi pemesanan, pengiriman, manajemen gudang, kinerja supplier, manajemen kas, manajemen kualitas, dan realisasi penjualan.

Baca Juga: 3 Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi

Dasar Pengambilan Keputusan

Dasar pengambilan keputusan yang cepat dan kuat didasari dari data yang akurat dan real-time. Data yang akurat dan lengkap membantu perusahaan merencanakan, menganggarkan, dan mengomunikasikan kondisi operasional organisasi kepada pihak berkepentingan, seperti pemegang saham atau investor.

Selain memiliki kelebihan tersebut, ERP memungkinkan perencanaan lebih baik dengan fitur alat simulasi untuk membantu manajemen dalam mengelola sumber daya organisasi, dari alat produksi, SDM, hingga bahan baku.

Mengembangkan Etos Kerja dengan Standarisasi Sistem

Kelebihan lainnya adalah ERP ini memungkinkan perusahaan menjalankan proses yang terstruktur dan membangun standar operasional baku. Otomatisasi sistem yang efektif akan mendorong etos kerja karyawan, mengurangi kecurangan, serta meningkatkan daya saing perusahaan.

Sistem ini memungkinkan kolaborasi antar-departemen dan memberikan akses cepat ke informasi yang dibutuhkan untuk vendor, klien, dan mitra bisnis. Sistem tersebut berkontribusi pada peningkatan respons terhadap pelanggan dan memberikan kepuasan kepada mereka.

Nah itu tadi, 5 Keuntungan Perusahaan Menerapkan ERP yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Sistem Kerja WFA Permanen Diterapkan 4 Perusahaan Ini


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar