5 Manfaat CRM bagi Perusahaanmu!
Siker.id | 15 Jul 2022 12:01


Bagikan ke
Manfaat CRM (siker)

siker.id – Pernah mendengar CRM atau Customer Relationship Management? Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi untuk mengelola semua hubungan dan interaksi perusahaan dengan pelanggan dan pelanggan potensial.

Tujuan dari CRM sendiri yakni, untuk mengumpulkan informasi yang cukup tentang pelanggan dan menggunakannya dengan cukup baik untuk meningkatkan interaksi positif pelanggan dengan perusahaan sehingga meningkatkan penjualan perusahaan tersebut.

Lalu, apa saja manfaat menerapkan CRM? Simak di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Skill Wajib menjadi Seorang Customer Service

Pengumpulan Data

Sistem CRM ini mampu menampung beberapa data pelanggan yang sangat berharga. Tentu saja, data itu akan sangat bermanfaat melalui proses analisis dan visualisasi data. Pada sistem ini, data yang telah dikumpulkan akan dianalisis dan dipelajari sehingga memungkinkan perusahaan untuk memahami data CRM mereka dan mempelajari hal-hal tentang pelanggan mereka yang tidak mungkin diketahui tanpa pengumpulan data-data tersebut terlebih dahulu.

Peningkatan Akuntabilitas

CRM dapat membantu karyawan di seluruh departemen memahami tanggung jawab dan tugas mereka kepada pelanggan di sepanjang proses pelayanan sehingga ketika tanggung jawab atau tugas tersebut tidak terpenuhi, akan lebih mudah untuk mengidentifikasi apa, siapa, di mana yang salah dan bagaimana memastikannya agar tidak terjadi lagi.

Baca Juga: 3 Skill Wajib Untuk Seorang Customer Service

Pendapatan Meningkat

Dengan melacak semua prospek yang ada, perusahaan mampu meningkatkan pendapatan. Setelah semua orang belajar dan menggunakan sistem CRM, produktivitas akan meningkat, siklus penjualan menjadi lebih singkat, dan perusahaan memiliki kemampuan untuk menyediakan produk dan layanan tambahan kepada klien sehingga membuat kepuasan klien naik.

Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Pelanggan akan tersegmentasi lebih mudah dan akurat, kebutuhan dan keinginan mereka dapat diidentifikasi dengan lebih cepat dan mudah. Selain itu, perusahaan dapat berinteraksi dengan pelanggan secara lebih mendalam pada waktu yang tepat sehingga menghasilkan lebih banyak penjualan, cepat dan retensi serta kepuasan pelanggan tetap tinggi.

Efisiensi

Customer Relationship Management yang terimplementasi dengan baik mampu menggantikan proses manual yang biasanya tidak efisien sehingga itu akan meningkatkan efisiensi organisasi secara signifikan. Dari efisiensi tersebut, sistem CRM juga memungkinkan perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan cara yang berbeda sehingga dapat meningkatkan kualitas dan intensitas interaksi dengan pelanggan.

Nah itu tadi, 5 Manfaat CRM bagi Perusahaan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Menghadapi Customer Yang Ribet


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar