4 Jenis Chat Bot untuk Kamu Ketahui!
Siker.id | 14 Jul 2022 09:00


Bagikan ke

siker.id – Pernahkah kamu membeli suatu barang di marketplace? Tentunya, kamu pernah ya. Nah, ketika kamu bertanya mengenai produk yang akan kamu beli kepada penjual pasti kamu menemukan jawaban yang ‘sama’ dari seller. Itulah yang kemudian disebut dengan chatbot.

Apa itu Chatbot? Chatbot adalah program berbasis artificial intelligence (AI) yang berfungsi untuk melayani live chat dengan konsumen. Program ini diatur sedemikian rupa agar mampu menjawab pertanyaan selayaknya manusia normal.

Dengan kata lain, hal ini akan mengubah cara bisnis menyediakan customer service. Hal ini wajar, mengingat teknologi ini menguntungkan bagi kedua sisi: bisnis dan konsumen. Di satu sisi, bisnis tidak perlu merekrut tenaga customer service dalam jumlah yang banyak untuk bisa menyediakan fitur live chat.

Di sisi lain, konsumen bisa menghubungi bisnismu kapanpun mereka mau, 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu. Mereka bisa mendapat jawaban yang tepat sasaran tanpa harus harap-harap cemas dengan keramahan customer servicenya.

Lalu, kira-kira apa saja ya jenis chatbot ini? Yuk, simak pembahasan di bawah ini, sobat siker!

Baca Juga: 4 Kelebihan Email Marketing

Machine Learning

Chatbot ini menggunakan teknologi yang didukung oleh software artificial intelligence. Teknologi bot tersebut dikatakan lebih kompleks karena lebih komunikatif, prediktif, dan berdasarkan data. Jenis teknologi yang digunakan pada bot ini umumnya lebih interaktif, canggih, dan mudah dipersonalisasi.

Teknologi yang ada dalam jenis bot ini adalah teknologi natural language understanding (NLU) agar dapat disesuaikan dengan penggunanya. Metode yang digunakan dalam bot jenis ini adalah kontekstual. Contoh penggunan bot ini adalah Chatbot WhatsApp.

Chatbot Berbasis Linguistik

Jenis bot ini dapat memberikan kontrol yang dirancang dengan baik dan memiliki tingkat fleksibilitas yang tidak terdapat di AI Chatbot. Chatbot ini dapat memikirkan dan mengolah jawaban yang benar untuk sebuah pertanyaan serta merancang pengujian otomatis untuk memeriksa kualitas dan konsistensi sistem. Jenis ini menggunakan metode penyesuaian pola.

Baca Juga: 3 Proses Penerapan Integrated Marketing Communication

Model Voice Command

Bot ini memungkinkan user untuk melakukan percakapan melalui perintah suara, hal ini dirasakan lebih praktis bagi pelanggan yang menggunakannya. Bot ini dapat menangkap dan merespon pembicaraan dengan suara.

Model Hybrid

Bot jenis ini menggabungkan dua teknologi, yaitu linguistik dan artificial intelligence sehingga mampu memberikan solusi percakapan yang lebih rinci. Sistem percakapan pada bot hybrid ini bahkan dapat dibentuk tanpa menggunakan data sehingga akan mampu meningkatkan kekuatan perusahaan, yaitu menjadi lebih cepat dan fleksibel.

Nah itu tadi, 4 Jenis Chat Bot yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Jenis Influencer Marketing


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar