Pentingnya User Generated Content Untuk Brandmu!
Siker.id | 14 Jul 2022 10:00


Bagikan ke
User Generated Content (siker)

siker.id – Tahu kah kamu apa itu User Generated Content? UGC atau User Generated Content adalah salah satu jenis pemasaran yang tergolong dalam content marketing. Dilansir dari Hootsuite, UGC adalah berbagai bentuk konten baik video, tulisan, foto, review, dan lainnya yang dibuat oleh seseorang seperti pelanggan, konsumen, atau bahkan followers.

Pada praktiknya, brand tersebut akan meng-upload kembali konten yang sudah dibuat oleh orang-orang tersebut di media sosialnya. Untuk beberapa brand, Instagram masih menjadi salah satu sosial media terbesar untuk membuat UGC. Biasanya, para brand tersebut meminta izin atau menyertakan kredit di caption fotonya.

Menurut kamu apa alasan UGC ini penting? Berikut ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Rekomendasi CMS Untuk Keperluan Konten

Membantu Content Marketing

Kualifikasi yang harus dipenuhi agar suatu content marketing bisa berjalan baik ialah konsisten mengeluarkan konten. Beberapa pebisnis meyakini bahwa mengeluarkan konten yang sangat relevan itu tidaklah bisa dilakukan dengan mudah. Maka dari itu, UGC mampu membantu memaksimalkan strategi content marketing mereka.

Ditambah, konten dari UGC pun umumnya berasal dari kehidupan sehari-hari para pengguna. Misalnya, liburan, pesta ataupun ulasan produk. Jadi, walaupun memang kamu bisa memanfaatkan UGC, namun kamu harus tetap memiliki konten yang segar, unik, dan juga tetap relevan.

Hemat Biaya Pemasaran

UGC dapat membuat suatu brand menghemat biaya pemasaran, lho. Tanpa harus merogoh kocek yang dalam untuk memasang iklan atau membayar brand ambassador, brand sudah mendapatkan konten gratis dari konsumen.

Baca Juga: 5 Cara Untuk Pemula Membuat Konten Vlog

Mempromosikan Keaslian

User Generated Content ternyata lebih disukai para konsumen karena dianggap natural dan asli dibandingkan dengan konten promosi yang dibuat oleh brand itu sendiri.

Konten yang dibuat oleh para konsumen terlihat lebih jujur apalagi ditambahkan dengan tulisan atau review pengalaman mereka mengenai sebuah brand.

Menuntun Keputusan Pembelian

Setelah konsumen merasa nyaman dan percaya terhadap brand, mereka akan memutuskan untuk mencoba sendiri apakah pengalaman yang dibagikan di sosial media memang benar dan sesuai.

Apalagi, fitur yang ada di media sosial seperti Instagram selalu diperbarui. Contohnya seperti highlight dan story yang merupakan perpaduan pas untuk mengumpulkan UCG. Hal tersebut membuat followers dapat melihat setiap saat saat membuka profil brand tersebut.

Nah itu tadi, Pentingnya User Generated Content Untuk Brandmu yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Aplikasi Wajib Untuk Konten Lebih Menarik

 

 

 

 


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar