Pahami 4 Manfaat Internet of Things Ini!
Siker.id | 14 Jul 2022 12:05


Bagikan ke
Manfaat Internet of Things (siker)

siker.id – Pembaruan teknologi kini begitu pesat. Inovasi-inovasi teknologi semakin bertambah dari tahun ke tahun. Salah satunya adalah Internet of Things (IoT). Internet of things adalah sebuah konsep di mana suatu objek atau benda ditanamkan teknologi-teknologi seperti sensor dan software dengan tujuan untuk berkomunikasi, mengendalikan, menghubungkan, dan bertukar data melalui perangkat lain selama masih terhubung ke internet.

Bukan hanya memberi kemudahan sehari-hari, IoT digunakan untuk meningkatkan sistem yang ada. IoT memainkan peran besar dalam berbagai industri saat ini dengan sistemnya karena dapat membantu mengelola proses internal dengan lancar dan memberikan banyak kemudahan untuk setiap tugas.

Berikut manfaat Internet of Things yang dapat kamu simak di bawah ini!

Baca Juga: 4 Aplikasi Test Kecepatan Internet Terbaik

Aliran Pendapatan Baru

IoT memungkinkan kamu menyiapkan dan meluncurkan produk dan layanan baru dengan proses yang cepat.

Seperti contoh, berikan karyawan di bagian call center atau customer service dengan data yang membantu mereka menyarankan produk dan layanan baru yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi setiap pelanggan.

Cara Pemantauan dan Pemeliharaan yang Meningkat

Sensor dan perangkat pintar yang ada pada IoT mampu memberikan kemampuan untuk mengelola jaringan objek fisik sehingga kamu bisa melakukan pemantauan di berbagai lapisan jaringan dan infrastruktur yang digunakan oleh perusahaan, karyawan, maupun pelanggan.

Misalnya, alih-alih memeriksa peralatan saat berhenti bekerja, IoT memungkinkan pemeliharaan perangkat dengan memprediksi kondisi kerjanya. Tambahan lagi, sensor khusus dapat digunakan untuk menjaga fungsi alat.

Baca Juga: 4 Skill IoT yang Penting Dalam Pekerjaan

Mudahnya Komunikasi dengan Pelanggan

Semua kemampuan perangkat IoT memberikan peluang untuk meningkatkan tingkat dialog dan interaksi dengan pelanggan. Pertimbangkan tagihan utilitas yang kamu terima setiap bulan.

Kamu dapat bekerja dengan mitra pemasaran dan pengembangan bisnis kamu untuk menerjemahkan data IoT yang kamu ambil dan menjadi model yang akan meningkatkan dialog, kepercayaan, dan retensi pelanggan.

Kemampuan dalam Memprediksi dan Bertindak

Kemampuannya untuk memprediksi kebutuhan sebelum kebutuhan tersebut muncul dan bertindak dengan presisi berdasarkan wawasan data dari jaringan IoT.

Data yang terkumpul dapat dimanfaatkan untuk membangun laporan riwayat yang bisa digunakan untuk memprediksi dan mengantisipasi berbagai masalah teknis sebelum hal itu terjadi.

Misalnya, garansi dan informasi pemeliharaan aset dapat dipasangkan dengan data yang dikumpulkan IoT untuk memprediksi biaya dan kebutuhan pemeliharaan di masa depan.

Nah itu tadi, 4 Manfaat Internet of Things yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Dampak Terlalu Lama Bekerja Di Depan Laptop


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar