5 Teori Kebutuhan Abraham Maslow
Siker.id | 13 Jul 2022 12:00


Bagikan ke
Teori Kebutuhan Abraham Maslow (siker)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id – Kita tentu mempunyai kebutuhan masing-masing untuk hidup. Makan, minum, olahraga, bekerja, hingga tidur adalah kebutuhan yang diperlukan kita, semua manusia. Pada pemenuhan kebutuhan tersebut, salah satu pionir terkenal psikologi, Abraham Maslow, mencetuskan mengenai teori hierarki kebutuhan.

Beliau menjelaskan bahwa manusia wajib memenuhi kebutuhannya yang paling rendah terlebih dahulu sebelum naik ke tingkat yang lebih tinggi, sampai ia bisa mengaktualisasikan dirinya. Dengan kata lain, manusia tidak akan bisa mencapai kebutuhan yang paling tinggi tanpa menyelesaikan kebutuhan yang paling rendah.

Lalu, apa saja tingkatan kebutuhan yang mesti diperoleh orang? Berikut jawabannya!

Baca Juga: Tips Cara Menghitung Kebutuhan AC Agar Hemat

Kebutuhan Fisiologis atau Dasar

Kebutuhan fisiologis atau dasar ini menjadi kebutuhan yang paling bawah dalam konsep teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow. Artinya, kebutuhan ini mencakup kebutuhan fisik dan biologi.

Kebutuhan tersebut harus dipenuhi oleh seorang individu untuk mencapai tingkatan selanjutnya. Misalnya, minum, makanan, tidur, kebutuhan seksual, dan lain-lain. Saat hal itu tidak bisa dipenuhi maka tidak mungkin individu akan naik ke tingkatan selanjutnya.

Kebutuhan Rasa Aman

Seusai bisa bertahan hidup dengan sandang dan pangan, seorang individu mulai memikirkan tingkatan selanjutnya yakni, rasa aman. Maslow mengemukakan bahwa rasa aman ini adalah rasa aman secara batin maupun fisik.

Kebutuhan rasa aman ini misalnya adalah rasa aman dari ancaman, rasa aman dari penyakit, rasa aman dari bencana alam, dan rasa aman dari tindakan kriminal.

Kebutuhan Sosial

Selnajutnya, pada tingkat ketiga terdapat kebutuhan pada aspek sosial yang meliputi, kasih sayang, cinta, dan juga kepemilikan akan sesuatu.

Dalam tingkatan kebutuhan ini, Maslow menjelaskan kenapa manusia bisa jatuh cinta. Ia menjelaskan bahwa manusia mencari cinta dan kasih sayang dari orang lain karena didasarkan pada kesendirian, kesepian, kecemasan, stres, sampai depresi yang berlebihan.

Baca Juga: Kebutuhan Anak Pada Pengajaran Bahasa Inggris

Kebutuhan Penghargaan

Maksud dari penghargaan ini bukanlah selalu soal hadiah, namun juga menyoal harga diri. Harga diri ini dibagi menjadi dua, yaitu menghargai diri sendiri dan penghargaan dari orang lain. Menghargai diri sendiri ini berarti kepercayaan pada diri sendiri untuk mencapai tujuannya sendiri demi kehormatannya sendiri.

Sedangkan, penghargaan dari orang lain ini lebih ke arah pengakuan yang didapatkan dari orang lain. Contohnya, terkenal, peningkatan jabatan dalam pekerjaan, serta mendapatkan pujian. Artinya, setiap individu yang bisa mencapai tingkatan ini, maka akan muncul kebutuhan untuk dihormati, rasa ingin dipercaya oleh orang lain, dan menstabilkan diri sendiri.

Kebutuhan Aktualisasi Diri

Tingkatan tertinggi dari hierarki Maslow ini ialah kebutuhan aktualisasi diri. Kebutuhan ini baru bisa dicapai jika empat kebutuhan sebelumnya telah terpenuhi.

Aktualisasi diri yakni, pemenuhan potensi dari dirinya sendiri, seperti cita-cita, kematangan mental, keinginan, dan lain-lain. Maslow berpendapat bahwa aktualisasi diri ini adalah kebutuhan individu untuk menentukan keinginan mereka sendiri.

Nah, 5 Teori Kebutuhan Abraham Maslow yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Gaji


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian